Sukses

PKB: Ical Lirik Mahfud MD dan Khofifah Sebagai Cawapres

PKB mengakui Partai Golkar tengah melirik kader-kadernya untuk menjadi cawapres Ical yang akan dipasangkan pada Pilpres 2014.

Kemunculan situs www.aburizal-khofifah.com melahirkan spekulasi bahwa Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical dan kader PKB Khofifah Indar Parawansa akan menjadi pasangan capres dan cawapres 2014.

Ketua DPP PKB Marwan Jafar mengakui bahwa berdasarkan informasi yang ia dapatkan, Aburizal Bakrie memang tengah melirik kader-kader PKB seperti Mahfud MD dan Khofifah untuk menjadi pasangan cawapresnya.

"Kita tahu memang Golkar sedang mencari cawapres, karena saya dengar ada beberapa nama yang dilirik menjadi cawapresnya, seperti Bu Khofifah dan Mahfud MD," kata Marwan saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (12/11/2013).

Meski demikian, Marwan menjelaskan hingga saat ini belum ada komunikasi politik terkait kesepakatan antara PKB dengan Partai Golkar untuk menduetkan pasangan capres dan cawapresnya di Pilpres 2019. "Belum ada komunikasi politik antara PKB dengan Golkar," terangnya.

Ketua Fraksi PKB DPR ini menjelaskan bahwa partainya baru akan menentukan capres dan cawapres setelah Pemilu Legislatif (Pileg) digelar. Hal tersebut untuk melihat siapa yang paling memiliki tingkat elektabilitas dan popularitas tertinggi di antara nama-nama yang masuk dalam kandidat capres dan cawapres PKB.

"Jadi, kalau Golkar mau serius koalisi dengan PKB maka diharapkan bisa menunggu sampai setelah pileg dulu," tukasnya.

Sementara itu, terkait dengan munculnya sebuah laman di dunia maya yang memasangkan Aburizal Bakrie dengan kader PKB Khofifah Indar Parawansa, hingga kini belum ada penjelasan dari Golkar maupun PKB.

Dalam website tersebut, terdapat sebuah banner yang bertuliskan calon presiden dan wakil presiden periode 2014-2019, lengkap dengan foto Aburizal Bakrie dan Khofifah.

Selain itu, terdapat pula artikel-artikel yang judulnya menjagokan Khofifah untuk menjadi pasangan Ical. Ada 3 artikel dalam website tersebut, yakni Khofifah Kandidat Wapres Ical, Partai Golkar Lirik Khofifah, dan Golkar Bidik Khofifah untuk 2014.

Khofifah merupakan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan era kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Beberapa waktu lalu, dalam Pilkada Jawa Timur, Khofifah kalah bersaing untuk memperebutkan kursi gubernur Jawa Timur. (Ado)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini