Sukses

Jokowi-Mega Makin `Mesra,` Sinyal Capres?

Dengan semakin sering tampil bersama, apakah hal ini merupakan sinyal Megawati untuk mempercayakan Jokowi sebagai capres PDIP?

Gubernur Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali tampil bersama di muka umum. Keduanya terlihat semakin mesra seperti anak buah dan pemimpin, seperti saat blusukan bersama ke Waduk Pluit pada 5 Oktober 2013 dan duduk berdampingan di Rakernas PDIP 8 September 2013 lalu.

Pada Minggu (10/11/2013) pagi tadi, Jokowi dan Mega mengunjungi Percontohan Phala Pusaka (Konservasi Ciliwung) di Saung Komonitas Ciliwung, Kampung Balekambang, Condet, Jakarta Timur. Keduanya menanam pohon salak bersama.

Kemudian, pada sore harinya, Jokowi kembali terlihat bersama Mega dalam acara peluncuran buku Politik itu Suci karya Sabam Sirait di Kantor Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi memakai baju khas betawi warna putih. Begitu pula Mega, sama-sama mengenakan baju warna putih. Tampak, Jokowi berjalan tepat di belakang Mega.

Dalam acara peluncuran buku ini pula hadir beberapa tokoh penting seperti mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Ketua DPD RI Irman Gusman, Ketua BPK RI Hadi Purnomo, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama, dan Ketua Dewan Pertimbangan Hanura Hary Tanoesoedibjo.

Sinyal Capres?

Dengan semakin seringnya tampil bersama di depan publik, apakah hal itu merupakan sinyal Megawati untuk mempercayakan Jokowi sebagai capres PDIP? Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo mengaku belum ada pembicaraan soal pencapresan.

"Ini kan hanya pemimpin dan anak buah saling bertemu. Jadi biasa saja dan sah-sah saja. Belum ada pembicaran untuk mencapreskan siapa, Jokowi dengan Mega atau Jokowi sendiri doang belum ada," ujar Tjahjo di sela-sela acara.

Tjahjo meminta agar kedekatan antara Jokowi dan Megawati yang terlihat selama ini tidak disalahartikan. Menurut dia, kunjungan ke Condet hari ini karena Megawati ingin mengisi hari libur dengan Jokowi.

"Kedekatan itu memang harus dievaluasi dan dicermati para wartawan. Tapi ini bukan tanda. Jokowi kan kader partai, baik di Ciliwung, Condet. Baik di sini di Lemhanas. Ibu memang mau memanfaatkan untuk mengisi hari libur dengan Pak Jokowi," tandas Tjahjo. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

Video Terkini