Sukses

Komunitas Pena Indonesia Perkenalkan Alam yang Masih `Perawan`

Kopindo mengadakan kegiatan bertajuk Ekspedisi #youth4nature dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.

Citizen6, Yogyakarta: Komunitas Pena Indonesia (Kopindo) beberapa waktu yang lalu mengadakan kegiatan bertajuk Ekspedisi #youth4nature. Kegiatan ini merupakan program kerja Kopindo 2013 dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-85 tahun 2013.

"Ekspedisi #youth4nature ini merupakan agenda perdana yang dilakukan Kopindo dalam memperingati hari Sumpah Pemuda. Ekspedisi ini bertujuan memperkenalkan objek wisata alam yang masih 'perawan' kepada khalayak. Dengan harapan mampu menjadi destinasi wisata unggulan di masa depan." Demikian disampaikan Ary Gunawan, Ketua Umum Kopindo.

Dalam kesempatan ekspedisi #youth4nature ini, Kopindo melibatkan beberapa elemen kepemudaan dan kemahasiswaan, di antaranya Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) Universitas Negeri Yogyakarta, Kelompok PPG Gangsiran, dan aktivis mahasiswa STMIK Amikom Yogyakarta.

"Ekspedisi #youth4nature ini diikuti beberapa perwakilan elemen mahasiswa. Kami sengaja melakukan touring dengan sepeda motor untuk memudahkan perjalanan yang melewati track berkelok di tepi bukit," jelas Rasyid Zuhdi, Ketua Panitia #youth4nature.

Ekspedisi #youth4nature memilih destinasi Air Terjun Curug Gedhe Wukirharjo yang terletak di perbatasan Prambanan Sleman dengan Patuk Gunungkidul. Objek terletak sekitar 80 km dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Jalan berkelok menyusuri tebing Bukit Patuk dan melewati Jalan Makadam berbatu menuju lokasi.

"Curug Gede menawarkan pesona alami air terjun pedesaan. Berada di perbatasan antara Prambanan dan Patuk, Curug Gedhe juga menawarkan wisata adrenalin melewati Jembatan Gantung di atas ketinggian 20 meter. Di atas jembatan gantung ini, panorama persawahan dan lereng bukit nampak hijau," ungkap Eko Priyantoro, aktivis PPG Gangsiran.

Kegiatan #youth4nature ini bertujuan memperkenalkan berbagai destinasi wisata alami pada masyarakat. Harapannya, dengan diperkenalkannya ojek wisata ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

"Sebagai pemuda, kita harus mengimplementasikan semangat sumpah pemuda di era masa kini," pungkas Ary Gunawan. (Ary Gunawan/mar)

Ary Gunawan adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: @arygoen


Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini