Sukses

Penembak di Mal New Jersey Tewas Bunuh Diri

Pejabat setempat mengatakan pelaku bunuh diri dengan menembakkan peluru ke kepala.

Pria bersenjata yang melepaskan tembakan di Mal Westfield Garden State Plaza di New Jersey pada Senin (4/11/2013) malam kemarin ditemukan tewas di ruang belakang mal tersebut. Pejabat setempat mengatakan pelaku bunuh diri dengan menembakkan peluru ke kepala.

Tubuh penembak itu ditemukan tewas pada Selasa (5/11/2013) pukul 03.20 waktu setempat di salah satu bagian Westfield Garden State Plaza mal beberapa jam setelah ia menembakkan sedikitnya 6 peluru di pusat perbelanjaan elite tersebut.

Penembakan itu menimbulkan kepanikan. Pada awal penyelidikan, pejabat setempat tak yakin apakah penembak masih berada di dalam atau di luar gedung tersebut.

"Kami percaya bahwa dia masuk ke sana dengan maksud baik untuk ditembak oleh polisi, yang kita sebut bunuh diri dengan polisi atau untuk mengambil nyawanya sendiri yang akhirnya dia lakukan," kata salah satu pejabat setempat, John Molinelli seperti dimuat dalam Breaking News CNN yang dilansir Liputan6.com, Selasa (5/11/2013).

Penembakkan di salah satu mal elite di utara New Jersey itu terjadi pada Senin 4 November waktu setempat. Walikota Paramus, Richard LaBarbiera mengatakan, insiden penembakan Senin malam itu tidak menelan korban jiwa maupun cedera.

"Tidak ada satu pun yang terluka. Semua orang tidak hanya baik-baik saja, tetapi mereka berada di tangan yang tepat," kata Walikota Richard.

Menurut Kepala Polisi Paramus Kenneth, peristiwa itu terjadi saat seorang pria memasuki Garden State Plaza dan menembakkan beberapa tembakan ketika pusat perbelanjaan masih buka. Pelaku berpakaian hitam dan mengenakan helm.

"Jenis senjatanya belum diketahui pasti. Tidak ada tembakan lagi ditembakkan, dan tidak ada yang cedera," kata Kepala polisi Paramus Kenneth Ehrenberg dalam sebuah pernyataannya.

"Banyak pelanggan dan karyawan masih dalam mal yang dikepung," ungkap Kenneth.

Aparat yang mendengar peristiwa itu, langsung mengepung mal untuk melumpuhkan sang penembak.

Pusat Perbelanjaan Elite

Dilansir dari berbagai sumber, Westfield Garden State Plaza merupakan pusat perbelanjaan elite alias kelas atas yang terletak di Paramus, New Jersey, Amerika Serikat. Pusat perbelanjaan itu dimiliki dan dikelola oleh Grup Westfield.

Salah satu mal populer di New Jersey itu terletak di persimpangan Route 4 dan Route 17, di dekat Garden State Parkway. Luas mal tersebut berkisar 196,835.3 m2.

Westfield Garden State Plaza adalah mal terbesar di New Jersey, dan merupakan pusat perbelanjaan pertama berskala besar yang dibangun di New Jersey.

Jika di New Jersey menjadi nomor satu, Westfield Garden State Plaza tercatat sebagai mal terbesar di urutan ketiga di New York City Metropolitan Area. Sementara di Amerika Serikat, mal itu berada di peringkat 15. Mal itu juga salah satu mal yang memiliki pendapatan tertinggi di Amerika Serikat.

Di mal tersebut terdapat toko-toko ternama seperti JC Penney, Lord & Taylor, Macy, Neiman Marcus, dan Nordstrom. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.