Sukses

Banyak Monyet Sakit, Jokowi: Razia Terus Sampai Bersih!

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku kaget dengan penyakit yang diderita monyet hasil razia pengamen topeng monyet.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku kaget dengan penyakit yang diderita monyet hasil razia pengamen topeng monyet. Dia tak menyangka ada yang menderita TBC, hepatitis, dan seluruhnya cacingan.

"Saya juga baru tahu sakitnya monyet, kalau kena hepatitis, kena TBC, apalagi semuanya cacingan. Ini sangat bahaya sekali. Apalagi yang nonton topeng monyet hampir semuanya anak-anak," katanya saat mengunjungi Balai Kesehatan Hewan dan Ikan, Ragunan, Jakarta, Selasa, (5/10/2013).

Oleh sebab itu, pria yang kerap disapa Jokowi itu tetap melakukan razia terhadap para pengamen topeng monyet yang selama ini masih beroperasi.

"Ya ini tidak akan berhenti sampai 67 ekor monyet saja. Razia tetap dilakukan terus sampai benar-benar bersih," kata Jokowi.

Ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Benvika mengatakan, dari 67 monyet yang telah ditangkap dan setelah diperiksa, 5 monyet terkena TBC, 1 hepatitis, dan seluruhnya 100 persen menderita cacingan.

Dia menerangkan, penyakit yang diderita monyet tersebut dapat menular ke manusia. Apalagi TBC dapat dengan mudah menular melalui udara, sedangkan hepatitis dan cacingan melalui interaksi langsung. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini