Sukses

[VIDEO] Raja Keraton Surakarta Bubarkan Dewan Adat

Pembubaran dewan adat terpaksa dilakukan karena keberadaannya dinilai terus mengganggu dan merongrong keraton.

Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Pakubuwono XIII resmi membubarkan Dewan Adat. Pembubaran dewan adat terpaksa dilakukan karena keberadaannya dinilai terus mengganggu dan merongrong keraton.

Setelah sekian lama diam, Raja Keraton Kasunanan Surakarta Sinuhun Pakubuwono XIII akhirnya secara resmi mengumumkan pembubaran Dewan Adat.

Pengumuman pembubaran dewan adat ini disampaikan oleh Mahapatih Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Panembahan Agung Tedjowulan, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (5/11/2013).

Dewan Adat selama ini dianggap menjadi penyebab konflik yang berkepanjangan, apalagi setelah pengusiran sang raja dari keraton. Upaya mediasi yang dilakukan pemerintah pun selalu kandas dan dipatahkan oleh lembaga adat yang selama ini dinilai terus menghalangi adanya mediasi.

Dengan dibubarkannya lembaga Dewan Adat itu, Raja Keraton Sinuhun Pakubuwono XIII kini membentuk Badan Pengelola Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang melibatkan berbagai unsur, mulai dari keluarga keraton, Pemerintah Kota Surakarta, hingga tokoh masyarakat. Keberadaan badan ini diharapkan dapat mengupayakan pelestarian cagar budaya yang ada di Keraton Kasunanan Surakarta. (Fiq/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.