Sukses

Apa Alasanmu Mencintai Indonesia?

Indonesia, negeri yang memiliki beragam alasan untuk dicintai, dijaga, dan diperjuangkan.

Citizen6, Semarang: Apa alasanmu mencintai Indonesia? Begitu banyak jawaban yang dapat diberikan ketika pertanyaan tersebut diajukan. Seperti menulis artikel ini contohnya, membuat saya dapat menuangkan kebanggan saya akan Indonesia. Indonesia, negeri yang kita tinggali ini memiliki beragam alasan untuk dicintai, dijaga, dan diperjuangkan.

Pertama. Sampai saat ini, melalui berbagai kegiatan yang saya lalui, saya telah bertemu dengan banyak orang dari beragam suku di Indonesia yang luar biasa. Kami tidak pernah saling membedakan, justru kami saling belajar banyak hal, belajar kebudayaan, dan bahasa asal yang unik. Pernah mendengar tentang apharteid? Ya itu adalah sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan dari sekitar awal abad ke-20 hingga tahun 1990. Sistem tersebut membuat saya prihatin, mengapa harus ada diskriminasi antar umat manusia. Namun disisi lain, hal tersebut membuat saya senantiasa kagum akan Indonesia yang luar biasa. Saya bangga dengan masyarakat Indonesia, yang walaupun berbeda-beda, tetap dapat hidup berdampingan, rukun, dan menghormati satu sama lain.

Kedua. Berbicara tentang Indonesia, tak lepas dari keindahan alamnya yang eksotis. Keindahan alam dari pulau-pulau di Indonesia, menjadi sorotan bagi turis asing untuk berlibur dan melepaskan penat. Pulau Bali adalah salah satunya. Pulau Bali ini adalah pulau yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, berbagai panorama laut lepas nan indah yang membuat kita kagum dapat di temukan di pulau ini. Bahkan keindahan pulau ini telah tercatat di berbagai media di dunia. Majalah Travel and Leisure memilih Bali sebagai World's Best Island tahun 2009, sementara Lonely Planet's memilih Bali sebagai peringkat kedua Best of Travel 2010.

Ketiga. Makanan Indonesia menduduki urutan ke-14 dari 50 daftar makanan terenak di dunia berdasarkan hasil survei yang diterbitkan oleh laman cnngo.com. Dimana rendang berhasil menjadu jawara pertama, kedua adalah nasi goreng, dan sate menempati posisi ke-14.

Keempat. Anda Suka Kopi? Meminum segelas kopi untuk menemani lembur mengerjakan tugas sangatlah nikmat dan menambah semangat. Nongkrong dan mengobrol sambil meminum kopi juga menambah keasikan. Indonesia adalah produsen ketiga atau pengekspor ketiga di dunia dari minuman yang saya cintai ini.

Kelima. Batik Indonesia, selain membuat masyarakat Indonesia sendiri bangga saat memakainya, batik juga membuat masyarakat luar negri terkesan. Membaca salah satu artikel di salah satu media, dikabarkan banyak desainer dunia sekarang yang telah mengadaptasi batik Indonesia dalam koleksi busana mereka. Bukan teknik membatiknya yang sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dari Indonesia sejak 2 Oktober 2009, melainkan motifnya. Beberapa perancang atau label yang menggunakan motif ini adalah Dries Van Noten, Nicole Miller, Burberry Prorsum, dan Diane von Furstenberg.

Lahir, tumbuh, dan berkembang menjadi alasan ke-6 saya mencintai Indonesia. Saya bangga dengan semua yang dimiliki Indonesia. Terlepas dari beberapa kekurangan negeri ini yang membuat kita tidak mencintainya, bukankah ada berkali-kali lipat kelebihannya? Bila bukan kita yang mencintai negeri ini, lalu siapa lagi. (Mergina Octavia/mar)

Mergina Octavia adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.