Sukses

Jokowi: Kita Butuh Pemuda yang Santun

Dalam surat yang dibacakan Jokowi itu, Roy berpesan agar para pemuda, khususnya di DKI Jakarta, menjadi tonggak karakter bangsa.

Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar di lapangan IRTI Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo itu menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo untuk para pemuda.

Dalam surat yang dibacakan Jokowi itu, Roy berpesan agar para pemuda, khususnya di DKI Jakarta, menjadi tonggak karakter bangsa.

"Oleh karena itu, tahun ini tema yang diangkat yaitu pemuda yang cerdas, santun, inovatif, inspiratif dan berprestasi," ujar Jokowi yang mengenakan seragam batik Korpri, Senin (28/10/2013).

Jokowi menyampaikan, momen Peringatan Sumpah Pemuda bisa menjadi inspirasi bagi para pemuda di seluruh Indonesia. Juga menjadi momentum untuk membangun komitmen rasa kesatuan di tengah hegemoni kolonialisme Indonesia dan membangun aktualisasi bagi pemuda.

"Kita butuh figur-figur pemuda yang inspiratif, cerdas, berprestasi, dan pemuda yang santun," ujar mantan Walikota Solo ini.

Pemuda yang santun merupakan pemuda yang mempunyai budi pekerti dan akhlak yang baik. Seorang pemuda yang cerdas adalah pemuda yang mampu berpikir ke depan, mempunyai inovasi yang tinggi dalam menghadapi persaingan global.

"Upaya mewujudkan pemuda Indonesia yang cerdas harus menjadi momentum dan manifestasi bangsa ini. Semoga bangsa Indonesia dapat memetik hikmah yang terkandung dari nilai-nilai sumpah pemuda," ucap Jokowi.

Tidak hanya Jokowi, upacara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang juga mengenakan batik yang sama seperti Jokowi, serta para jajaran Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.