Sukses

[VIDEO] Takut Dirazia, Tukang Topeng Monyet Pindah ke Bogor

Mereka terpaksa memilih pindah dari Jakarta karena takut monyetnya disita lantaran masih mengandalkan topeng monyet sebagai usaha.

Imbas pelarangan topeng monyet di Jakarta oleh Gubernur Joko Widodo alias Jokowi, membuat para pengamen topeng monyet hijrah ke luar Jakarta, terutama ke Bogor, Jawa Barat.

Para tukang topeng monyet yang biasa mengamen di Jakarta kini makin marak beredar di perempatan lampu merah dan juga berkeliling ke kampung-kampung dengan diiringi musik sederhana.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (27/10/2013), selain beraksi di lampu merah, mereka juga berkeliling ke kampung-kampung mengharapkan lemparan uang dari pejalan kaki dan pengendara.

Mereka terpaksa memilih pindah dari Jakarta ke daerah lain karena takut monyetnya disita lantaran masih mengandalkan topeng monyet sebagai satu-satunya mata pencaharian.

"Terpaksa sama teman-teman pindah ngamen ke sini soalnya di Jakarta sering dirazia," kata tukang topeng monyet, Yanto. Ia mengaku sudah menekuni profesi ini selama 3 tahun.

Warga Bogor Arman Zein mengaku sangat mendukung larangan topeng monyet. Menurutnya, pemerintah seharusnya sejak dulu melarangnya karena selain mengeksploitasi hewan juga untuk mencegah penularan penyakit dari monyet ke manusia. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini