Sukses

Sutarman Resmi Kapolri

Pelantikan Komjen Pol Sutarman lebih cepat dari jadwal sebelumnya, karena alasan persiapan pengamanan Pemilu 2014.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik Komisaris Jenderal Polisi Sutarman sebagai Kapolri baru di Istana Negara. Sutarman dilantik menggantikan Jenderal Timur Pradopo yang sebenarnya baru akan memasuki masa pensiun Januari tahun depan.

Pelantikan diawali pembacaan Keputusan Presiden tentang pemberhentian Jenderal Timur Pradopo dari jabatan Kapolri serta pengangkatan Sutarman sebagai Kapolri baru, dilanjutkan pengucapan sumpah di depan Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2013).

"Tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," ucap Sutarman dalam bagian sumpahnya.

Usai pembacaan sumpah, Kapolri yang baru mendapat ucapan selamat dari pejabat yang hadir, termasuk Presiden SBY beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono beserta Ibu Herawati Boediono.

Turut hadir dalam pelantikan ini antara lain Ketua DPR Marzuki Alie, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri Perhubungan EE Mangindaan.

Hadir pula Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin, Jaksa Agung Basrief Arief, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Ketua KPK Abraham Samad, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini