Sukses

Jatuh di Taman, Remaja 14 Tahun Temukan Berlian Rp 564 Juta

Tana terjatuh, lalu ia melihat benda berkilauan. Ternyata...

Terinspirasi oleh bocah laki-laki bernama Michael Dettlaff yang menemukan berlian di taman AS, remaja perempuan berusia 14 tahun itu merengek kepada ibunya untuk diantarkan ke taman tersebut. Setelah lama merajuk, akhirnya sang ibu mau mengantarkan anaknya untuk berburu berlian di taman itu.

Di Diamonds State Park, Murfreesboro, Arkansas, Tana Clymer akhirnya menemukan berlian yang disebut kenari (canary diamond) berwarna kuning 3,85 karat seharga US$ 50 ribu atau sekitar Rp 564 juta.

Tana menemukan berlian itu tek lama setelah menginjakkan kakinya di taman berlian itu. Awalnya ia mengaku melihat sesuatu berkilauan dari jauh, lalu ia menghampirinya untuk memastikan benda yang ia lihat.

"Aku pikir itu adalah selembar kertas mengkilat atau kertas timah dari bungkus permen," kata Tana kepada petugas taman seperti dimuat News.com.au yang dilansir Liputan6.com, Rabu (23/10/2013).

"Lalu, ketika menyentuhnya kupikir itu adalah kelereng," sambung Tana sambil menyatakan dirinya tak menduga jika benda mirip kelereng itu adalah berlian kenari 3,85 karat.

Sekitar 2 jam setelah menemukan berlian, Tana dan orang tuanya yang berasal dari Oklahoma City mengaku sempat memilah-milah tanah vulkanik di taman itu. Namun hasilnya nihil, mereka tak lagi dapat menemukannya.

Jatuh Membawa Rezeki

Ketika menemukan bulatan berlian berwarna kuning itu, Tana sedang berlarian di Diamonds State Park. Namun Tana jatuh di belakang orang tuanya.

"Aku hendak berlari untuk bergabung dengan keluargaku, dan Tuhan menyuruhku untuk memperlambat laju dan melihat ke arah berlian itu. Kemudian aku menemukan berlian!" ungkap Tana.

Ibunya yang bernama Amanda Giordano mengatakan, "Dia berteriak padaku, Mama aku menemukan sesuatu."

Meskipun belum diketahui akan digunakan untuk apa berlian penemuan itu, namun orangtua Tana telah menyimpannya berlian dalam safety deposit box. Ibu Tana mengatakan suatu saat nanti bisa diubah menjadi cincin berlian,  atau menggunakannya untuk membantu membayar kuliah.

Diamonds State Park adalah satu-satunya tempat produksi berlian di dunia. Berdasarkan keterangan dari website Diamond State Park, di kawasan itu setiap orang diperbolehkan mencari berlian.

Kebijakan Finders, Keepers atau yang menemukan berhak memiliki berliannya membuat orang berbondong-bondong mengunjunginya. Mereka berharap bisa seberuntung orang-orang yang menemukan berlian terlebih dahulu.  (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini