Sukses

Vaksin Penyembuh Kanker Paru-Paru Ditemukan

Sekelompok peneliti dari Pusat Pengobatan Baylor University menemukan sebuah vaksin yang bisa menolong para penderita kanker. Sel kanker bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan vaksin itu.

Liputan6.com, Dallas: Kabar gembira buat penderita kanker paru-paru. Sekelompok peneliti dari Pusat Pengobatan Baylor University berhasil menemukan vaksin GVAX yang mampu menghambat dan menghilangkan sel kanker. Keampuhan vaksin yang biasanya dibuat untuk mencegah penyakit itu masih diuji. Kabar tersebut diumumkan Jurnal Institut Kanker Nasional Amerika Serikat di Dallas, Texas, baru-baru ini.

Para peneliti mengaku dari 43 pasien yang diuji, sebanyak 33 di antaranya adalah penderita kanker tahap lanjut. Setiap pasien diberikan suntikan vaksin yang telah dicampur dengan sel tumor masing-masing pada lengan atau kaki. Sebuah gen cm-csf (Macrophage colony-stimulating factor) juga dicampurkan ke dalam vaksin. Campuran tersebut bertujuan mengubah permukaan sel kanker atau mempermudah tubuh mengenali sel yang bersifat kanker.

Hasilnya, vaksin dapat merangsang sistem pertahanan tubuh untuk menyerang sel-sel kanker. Artinya, penyebaran sel kanker dapat dikurangi atau bahkan dihentikan sama sekali. Pengujian vaksin GVAX memakan waktu cukup lama. Tiga dari 43 pasien dinyatakan sembuh total. Vaksin juga berhasil menekan penyebaran sel terhadap pasien yang telah menjalani perawatan selama lima sampai dua tahun. Kondisi mereka dilaporkan stabil setelah diberi vaksin. Sayangnya, vaksin itu tidak berpengaruh untuk penderita kanker stadium awal.

Rencananya, vaksin GVAX akan diajukan kepada Badan Administrasi Makanan dan Obat-Obatan AS, tiga tahun mendatang. Sebab, para peneliti masih harus menguji kembali vaksin itu.(KEN/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.