Sukses

Megawati: Buruh Tak Mau Melihat Ada Masalah di Perusahaan

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, meminta buruh juga melihat masalah di perusahaan dan tak hanya memaksakan kehendak.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mendatangi pabrik PT KMK Global Sports di Jalan Cikupa Mas Raya Nomor 17, Kawasan Industri Cikupa Mas, Tangerang, Banten. Megawati didampingi anggota Komisi IX dari Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka, dan Wakil Gubernur Banten, Rano Karno.

Dalam pertemuan dengan buruh, Mega mengatakan adanya masalah buruh yang timbul saat ini dapat diselesaikan dengan penekanan dialog. Terutama dialog antarburuh dengan pengusaha dan pemerintah.

"Yang saya selalu dorong adalah usaha yang ingin didialogkan melalui tripartit (pengusaha, buruh, dan pemerintah), tapi benar-benar harus efektif. Menteri Tenaga Kerja juga harus betul-betul bisa mengayomi kedua belah pihak," kata Presiden ke-5 RI itu di lokasi, Senin (21/10/2013).

Megawati juga menilai, buruh sebagai ujung tombak perindustrian harusnya dapat melihat masalah yang ada di perusahaan tempat mereka bekerja dan tak hanya menuntut hak.

"Kalau buruh hanya maunya saja, tidak mau melihat adanya masalah di perusahaan. Perusahaan selalu disuruh memberi apa pun, tapi kalau perusahaannya tidak bisa gimana? Ini kan ada buruhnya juga, nanti kalau perusahaannya bangkrut gimana menampung buruhnya?" imbuh Megawati.

Sebelum melakukan kunjungan, Megawati sempat bertemu Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), di kediamannya, Senin pagi. Jokowi menjelaskan, kedatangannya untuk saling bertukar pikiran dan berdiskusi dengan Mega sebelum melakukan kunjungan untuk menemui buruh. "Ini, ibu mau lihat ke salah satu pabrik. Jadi tadi kita bicara dulu," ujar Jokowi. (Ado/Ism)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Buruh adalah sebutan lain dari seorang yang bekerja untuk orang lain.

    Buruh

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati