Sukses

Pengamat: Ada `Tangan` Megawati di Pembangunan Monorel

Monorail kembali dibangun. Pengamat menilai, ada sentuhan pengaruh dari Megawati dalam pembangunan moda transportasi massal ini.

Proyek pembangunan Monorel yang sempat mangkrak di era Gubernur DKI Fauzi Bowo berkuasa kembali dilanjutkan 15 Oktober 2013 lalu. Pengamat transportasi, Darmaningtyas menilai percepatan pembangunan Monorel tak lepas dari andil Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putri.

Darmaningtyas mengaku bisa mengambil kesimpulan saat menghadiri peluncuran logo Monorel, yaitu Jakarta Eco Transport (JET) Monorail.

"Menurut analisa saya yang mencanangkan pembangunan kembali monorel adalah Megawati. Sehingga, Pak Jokowi kan jadi gubernur karena Megawati. Itu dugaan saya. Sekali lagi analisa saya, bukan diberitahu oleh seseorang ya," ujar Darmaningtyas saat dihubungi melauli telepon di Jakarta, Minggu (20/10/2013).

Ia menambahkan pembangunan Monorel membutuhkan anggaran yang sangat banyak sebesar Rp 17 triliun. Sehingga, menurutnya butuh waktu yang lama pula untuk balik modal.

"Jadi ini bisnis tidak layak. Ya, kalau mau jujur, itu (monorel) terlalu mahal untuk investor dibandingkan dengan kecepatan balik modal," imbuh Darmaningtyas.

Proyek monorel dikerjakan oleh konsorsium PT Jakarta Monorail bagian dari Ortus Grop milik Edward S Soeryadjaya. 75 Gerbong Monorel tersebut diimpor dari perusahaan manufaktur China CNR Corporation Limited (CNR). PT Jakarta Monorail akan mengerjakan jalur Green Line sepanjang 14,5 meter dan jalur Blue Line sepanjang 15,5 meter dengan jumlah stasiun masing-masing 16 dan 15 stasiun.(Don/Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • monorel