Sukses

Identitas Teroris Mal Kenya Terungkap

Pria itu diduga berperan dalam merencanakan dan melaksanakan serangan membabi buta yang menewaskan 67 orang.

Identitas salah satu penyerang Mal Westgate di Kenya terungkap. Ia diketahui berkewarganegaraan Norwegia. Namanya Abdi Dhuhulow, berusia 23 tahun.

Seperti dimuat BBC, Jumat (18/10/2013), Abdi diduga berperan dalam merencanakan dan melaksanakan serangan membabi buta yang menewaskan 67 orang.

Menurut seorang kerabat, Abdi meninggalkan kampung halamannya di Kota Larvik, Norwegia untuk pergi ke Somalia pada tahun 2009. Pria itu diyakini sebagai anggota Al-Shabaab yang terkait Al Qaeda.

"Dia semakin jarang menelepon keluarga. Kontak terakhir dilakukan pada musim panas saat dia bilang sedang dalam kesulitan dan ingin pulang," kata saudara Abdi yang enggan menyebutkan namanya.

Kerabat tersebut bingung mau berkomentar apa saat ditanya keterlibatan Abdi dalam serangan mal. "Jika itu memang dia, pasti telah dicuci otaknya."

Menurut Morten Henriksen, seorang yang pernah menjadi tetangganya, saat remaja, Abdi adalah seorang pria yang kerap membuat masalah. "Dia cukup ekstrem. Dia bermasalah dan berkelahi, bikin ayahnya khawatir, " ujarnya.

Pekan lalu, badan intelijen Norwegia (PST) mengatakan, pihaknya telah mengirim petugas ke Kenya untuk melakukan verifikasi laporan bahwa seorang warga negaranya terlibat dalam serangan terhadap pusat perbelanjaan yang terjadi pada Sabtu 21 September 2013 lalu.

Belum diketahui pasti jumlah militan yang terlibat dalam penyerangan itu. Polisi awalnya memperkirakan bahwa ada 10-15 penyerang di dalam kompleks, tetapi rekaman CCTV yang sejauh ini telah dirilis oleh pemerintah Kenya menunjukkan hanya 4 orang. Abdi diyakini menjadi salah satu dari empat itu. (Riz/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.