Sukses

[VIDEO] Bakso Salak, Inovasi Baru dari Yogyakarta

Sekilas bakso salak tampak tidak ada bedanya dengan bakso kebanyakan yang terbuat dari daging sapi atau ikan.

Salak tak hanya bisa dimakan dalam bentuk buah atau dijadikan kripik. Di Sleman, Yogyakarta, salak bahkan bisa dijadikan bakso dan aneka makanan lainnya.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (18/10/2013), sekilas bakso salak tampak tidak ada bedanya dengan bakso kebanyakan yang terbuat dari daging sapi atau ikan. Bakso salah itu merupakan kreativitas ibu-ibu di Sleman yang dipamerkan dalam ajang lomba diversifikasi pengolahan hasil pertanian komoditas salak.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Pertama salak yang sudah dibuang kulitnya diblender, lalu ditiriskan, dan dicampur tepung kanji serta ikan air tawar sebagai pengganti penyedap rasa. Hasilnya, meski tidak sekenyal bakso daging, tetapi rasanya sangat gurih dan enak.

Keunggulan lain, teksturnya sangat lembut sehingga tidak terlalu susah untuk melumatkannya di dalam mulut.

Tak hanya bakso, aneka kreasi olahan salak lain juga ditampilkan seperti puding, permen, brownies, dan berbagai macam kue. Tujuannya tentu saja untuk memberikan nilai tambah pada salak pondoh yang selama ini dimakan sebagai buah segar atau dijadikan keripik. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini