Sukses

Jokowi Tak Tega Lihat Sapi Kurbannya Disembelih

Panitia kurban meminta Jokowi untuk menyaksikan hewan kurbannya saat disembelih, namun Jokowi menolak.

Jokowi memantau proses pemotongan hewan kurban di 3 wilayah DKI Jakarta. Gubernur bernama lengkap Joko Widodo tersebut berkeliling dari Lenteng Agung dan Tanjung Barat di Jakarta Selatan hingga ke kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Tempat pertama yang dikunjungi Jokowi adalah lokasi penyembelihan hewan kurban di Jalan Agung, RT 5 RW 7 Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa. Di tempat itu, Jokowi langsung menuju ke sebuah lapangan yang menjadi lokasi pemotongan hewan kurban.

"Ayo, kita mau lihat di sini warga yang mau memotong hewan kurban," kata Jokowi di Lenteng Agung, Selasa (15/10/2013).

Menurut Jokowi, kunjungan ke Lenteng Agung kali ini merupakan yang ke dua. Kunjungan pertama ia lakukan saat hari pertama menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan yang lalu. Saat itu, Jokowi melakukan sahur bersama di hari pertamanya menunaikan ibadah puasa.

"Saya sahur pertama kali di Jakarta ya di kampung ini, makanya ini saya ke sini lagi," ucap Jokowi.

Jokowi juga menyumbangkan 1 ekor sapi untuk disembelih oleh panitia pemotongan hewan kurban di wilayah tersebut. Dia berpesan kepada panitia untuk membagikan daging sapi tersebut untuk dibagikan kepada setiap warga yang berhak.

Panitia kurban meminta Jokowi untuk menyaksikan hewan kurbannya saat disembelih, namun Jokowi menolak dengan alasan dirinya tidak tega melihat sapi tersebut di potong. "Ndak..ndak, takut," ujarnya sambil tertawa.

Jokowi pun lebih memilih untuk membagikan ratusan buku tulis kepada para bocah yang mengerumuninya sejak datang kelokasi tersebut. "Ayo, yang anak-anak kumpul, mau tak bagikan buku tulis," ujar Jokowi sambil melambaikan tangan kearah kerumunan anak-anak.

Masih di kawasan Lenteng Agung, Jokowi kemudian menuju ke sebuah gang sempit di jalan Kancil RT 6 RW 1. Di sana Jokowi menuju ke halaman sebuah musala yang menjadi tempat lokasi pemotongan hewan kurban. Jokowi tampak meninjau proses pemotongan hewan kurban yang dimasukkan ke dalam plastik berukuran kecil dibagikan kepada tiap warga.

"Ini apa? Jeroannya ya Pak? Daging-daging ini harus didistribusikan yang baik ya Pak, diberikan kepada warga yang berhak," pesan Jokowi.

Selain di 2 tempat tersebut, Jokowi juga memantau pembagian daging qurban di Jalan Anyer, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, yang lokasinya tidak jauh dari rumah dinasnya yang beralamat di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. (Eks/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.