Sukses

Kenakan Helm Proyek, Jokowi Resmikan Dimulainya Pembangunan MRT

Diperkirakan, proyek ini akan menghabiskan dana sebesar 125 miliar yen atau sekitar Rp 12,5 triliun.

Impian masyarakat Jakarta untuk menikmati transportasi massal tampaknya segera terwujud. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan pembangunan megaproyek Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com, dengan mengenakan kemeja putih favoritnya, Jokowi tiba di lokasi peresmian di Jalan Tanjung Karang, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2013) pukul 09.35 WIB.

Karena memasuki area proyek, demi keamanan, Jokowi tak lupa mengenakan helm proyek berwarna hijau.

Di lokasi peresmian sendiri telah menunggu para Satuan Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI Jakarta. Selain itu tampak hadir perwakilan dari perusahaan investor MRT di acara tersebut dan juga perwakilan dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia.

Dirut PT MRT Jakarta Dono Boestami sebelumnya mengatakan, pekerjaan pertama yang dilakukan menyiapkan alat bor untuk memasang slope protection.

"Slope protection adalah sabuk pengaman agar ketika bor untuk kereta masuk, tidak merusak konstruksi  bangunan atau jalan di sekitarnya," kata Dono.

Terkait dampak dilakukan pekerjaan tersebut terhadap kemacetan di ruas jalan yang dilakukan pengerjaan, Dono menjamin itu tidak akan terjadi. Pengerjaan di titik pertama itu diyakini tak menyebabkan kemacetan.

Pasalnya, pengerjaan tak akan memakan badan jalan, pengerjaan hanya fokus pada pengeboran. "Karena itu, pengerjaan berjalan, tetapi tidak akan mengganggu lalu lintas," kata Dono.

Diperkirakan, proyek ini akan menghabiskan dana sebesar 125 miliar yen atau sekitar Rp 12,5 triliun. (Ism/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT