Sukses

Jombang, `Ahlinya Donat Kampung Kualitas Mall`

Selain mendapat julukan kota santri, Kota Jombang juga mempunyai oleh-oleh yang khas. Salah satunya donat kampoeng utami.

Citizen6, Jombang: Siapa yang tak kenal Kota Jombang? Semua orang pasti sudah mengenal Kota kelahiran almarhum Gusdur yang mempunyai julukan sebagai "Kota Santri" ini.

Selain mendapat julukan kota santri, Kota Jombang juga mempunyai oleh-oleh yang khas. Mau tahu? Yuk kita mulai dengan kulinernya.

Pertama, ada Donat Kampoeng Utami (DKU) yang rasanya wah banget. Bahkan ada yang bilang "Ahlinya Donat Kampung Kualitas Mall". Mungkin bagi kalian pasti sudah tak asing lagi, karena banyak media yang telah meliput kuliner yang satu ini, termasuk Liputan6.

Keistimewaan donat buatan Ibu Rosidah Widya Utami ini memiliki bentuk dan hiasan yang bermacam-macam juga lucu. Istimewanya lagi harga yang dipatok cuma Rp 500-Rp 5.000 per buahnya. Murah bukan?
 
Kedua, ada Jenang Gepal yang juga buatan Ibu Rosidah Widya Utami yang di produksi oleh DKU group. Jenang ini bukan sembarang jenang yang hanya sekedar manis, tapi juga berkhasiat untuk menghangatkan badan dan cocok dimakan saat musim hujan datang, karena terbuat dari gula palem dan rempah-rempah kualitas terbaik Indonesia. Mau mencoba? Harganya cuma Rp 15 ribu per toplesnya. Semua produk DKU ini bisa kita dapatkan di Perum Griya Indah AA-2 Jombang.

Ketiga, ada Tahu Pong Gloria. Nggak ada bedanya memang dengan tahu-tahu pong seperti lainnya. Tapi rasanya mantap, walaupun kecil-kecil bentuknya. Harganya pun dijamin terjangkau dan murah meriah. Bagi kalian yang ingin mencicipinya silahkan datang ke Jalan Jogototo Peterongan.



Selain itu, Jombang juga terkenal dengan kerajinan pernak-perniknya. Salah satu sentra pengrajin pernak-pernik terdapat di Desa Gambang Kecamatan Gudo, yang letaknya sekitar 15 km arah barat daya dari pusat kota. Berbagai model, corak serta motif dihasilkan dari desa ini, seperti gelang, kalung, tasbih, dan souvenir lainnya.     



Sebagai alternatif wisata belanja bersama keluarga, disini kita dapat melihat secara langsung pembuatan manik-manik, pengerjaan, hingga proses finishing. jadi, bagi kalian yang ingin berwisata belanja khas Jombang atau sekedar mencicipi kulinernya, silahkan berkunjung di kota kami tercinta. (Itha Febriyanti/Mar)

Ita Febriyanti adalah pewarta warga.

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini