Sukses

Keluarkan Abu Vulkanik, Status Tangkuban Perahu Masih Waspada

Semburan abu vulkanik diikuti asap putih kembali keluar dari kawah Gunung Tangkuban Perahu, Lembang, Jawa Barat.

Gunung Tangkuban Perahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, kembali meletus dan menyemburkan abu vulkanik serta asap dari kawah ratu, Senin (7/10/2103). Ini merupakan letusan kesekian kali setelah statusnya dinyatakan waspada, sejak 5 Oktober 2013 lalu.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Senin (7/10/2013), semburan abu vulkanik diikuti asap putih kembali keluar dari kawah Gunung Tangkuban Perahu, Lembang, Jawa Barat. Letusan itu terjadi untuk yang kedua kalinya setelah letusan pertama tadi pagi. Letusan kedua berlangsung sekitar 10 menit dan abu vulkanik tipis menyebar sejauh 300 meter dari permukaan kawah ratu.

Petugas dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, terus memantau letusan di kawah ratu.

Kendati demikian BPBD belum memberi peringatan pada warga terutama di perbatasan Bandung Barat dan Subang untuk mengungsi. Kondisi dinyatakan masih aman meski lokasi tertutup untuk wisatawan dengan radius 1,5 kilometer.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.