Sukses

Diberi Peci Gus Dur, Jokowi: Pas Banget

Jokowi juga menyatakan kekagumannya terhadap sosok almarhum Gus Dur.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, usai memberikan orasi kebangsaan dalam acara peringatan Hari Kelahiran The Wahid Institute, menyatakan kekagumannya terhadap sosok almarhum Gus Dur. Ia juga memperoleh cindera mata berupa peci berwarna coklat yang dulu biasa digunakan Presiden RI ke-4 dari.

"Gus Dur cerita lucunya banyak. Makanya saya senang ketemu Gus Dur kalau cerita lucu-lucu," ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu di Jalan Taman Amir Hamzah 8, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2013).

Terkait pemberian peci yang biasa dipakai Gus Dur, Jokowi tidak ingin berkomentar banyak mengenai alasan pemberian hadiah tersebut. "Ini pecinya pas banget. Ini dilihat tho. Pas banget ini," ujarnya singkat sambil menunjukkan peci dengan posisi miring yang ia kenakan.

Sebelumnya, putri kedua Gus Dur mengatakan peci tersebut diberikan karena ia merasa Jokowi memiliki filosofi yang sama dengan ayahnya, yaitu 'Gitu aja kok repot'. "Pak Jokowi nggak repot-repot, langsung turun lapangan," ujar Yenny Wahid.

Yenny juga mengungkapkan alasannya mengundang orang nomor 1 di DKI itu. Ia ingin mengapresiasi kepemimpinan Jokowi yang membela rakyat terpinggirkan dan menyelesaikan masalah tanpa kekerasan.

"Oleh sebab itu, kami sengaja mengundang Jokowi untuk melakukan orasi kebangsaan dalam Hari Kelahiran Wahid Institute ini," ucap Yenny.

The Wahid Institute yang berdiri sejak tahun 2004, merupakan lembaga mempromosikan dan konsisten menyebarkan toleransi dan penghargaan terhadap keragaman. (Ein/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.