Sukses

[VIDEO] Gempa Telan 328 Jiwa, Pakistan Kerahkan Tentara

Pemerintah Pakistan mengerahkan militer untuk melakukan penanggulangan pasca-gempa yang tercatat merenggut 328 korban jiwa.

Pemerintah Pakistan mengerahkan militer untuk melakukan penanggulangan pasca-gempa yang tercatat merenggut 328 jiwa. Sementara fenomena alam munculnya pulau baru pasca-gempa itu terus mengundang rasa ingin tahu warga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (26/9/2013), ratusan personel militer dikerahkan ke sejumlah wilayah yang mengalami kerusakan paling parah akibat gempa. Salah satunya ke Distrik Awaran, bagian selatan Provinsi Balochistan.

Selain mengevakuasi korban gempa, militer juga melakukan pencarian korban yang terperangkap di balik reruntuhan. Mereka juga mendistribusikan bantuan kebutuhan korban gempa, termasuk fasilitas kesehatan.

Gempa yang kekuatannya disebutkan beberapa media 7,7 skala Richter dan 7,8 skala Richter di timur laut Awaran, Pakistan itu berpusat di kedalaman sekitar 20 kilometer. Gempa tersebut kini telah merenggut 328 korban jiwa.

Selain itu, gempa juga menghancurkan ratusan rumah dan memutuskan komunikasi di wilayah itu.

Pasca-gempa, warga kota Pelabuhan Gwadar juga dikejutkan dengan munculnya sebuah pulau kecil di lepas Pantai Gwadar. Fenomena alam ini menyedot perhatian warga. Bahkan ada warga yang langsung menuju pulau baru itu.

Diperkirakan pulau baru itu berukuran 200 x 100 meter, dengan tinggi sekitar 20 meter. Pulau itu kemungkinan perlahan akan hilang akibat erosi, seperti fenomena munculnya pulau baru akibat gempa di dekat Karachi tahun 1945. Yang akhirnya hilang dalam beberapa minggu. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini