Sukses

Seluruh Fasilitas Waduk Ria Rio Gratis, Jokowi: Ada Amphitheatre

Jokowi membeberkan semua fasilitas gratis untuk warga di Waduk Ria Rio yang telah diresmikannya hari ini.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini meresmikan pembangunan taman kota yang sudah selesai sekitar 10 persen di Waduk Ria Rio, Pulomas, Jakarta Timur.

Ia mengungkapkan bahwa semua sarana yang akan tersedia di kawasan tersebut, seperti amphitheatre (ruangan diluar untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik) dan Jogging Track bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh warga DKI. Begitu juga dengan fasilitas jaringan internet WiFi gratis yang nantinya akan tersedia di seluruh kawasan waduk Ria Rio.

"Di sebelah Selatan ada taman plus fasilitas amphitheatre. Sisi Utara dan Timur ada taman serta ada tambahan 1 gedung opera dekat danau. Semua titik nanti ada free wifi. Semuanya untuk warga gratis, pas nonton opera yang bayar," ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur, Kamis (26/9/2013).

Kemudian, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Budi Karya menjelaskan waduk seluas 9 hektar tersebut akan dibagi menjadi 2 bagian. Waduk sisi Barat menampung air kotor dan sisi Timur menampung air bersih.

"Jadi air masuk ke waduk kotor, terus ada filtrasi diantara kedua waduk. Dari situ setelah disaring, air dialiri ke danau bersih," tutur Budi.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya berencana membuat semacam air mancur tepat di depan amphitheatre sisi Selatan waduk yang saat ini sudah rampung. Hal itu guna memberikan hiburan kecil untuk warga serta menambah estetika kawasan tersebut. Kemudian, Jakpro juga akan membangun Concert Hall atau gedung serba guna berkapasitas 15 ribu orang di sisi Timur. Namun, akan mulai dibangun setelah taman kota rampung seluruhnya.

"Akan ada fountain (air mancur) di depan amphitheatre. Yang penting kita mau tunjukkan kita serius membangun waduk untuk taman kota. Yang komersil nanti setelah untuk publik ini selesai," ujar mantan Dirut Pembangunan Jaya Ancol itu.

Pantauan Liputan6.com, pepohonan tinggi sudah ditanam di sisi Selatan waduk Ria Rio. Sebagian lahan tersebut juga nampak rapih karena telah ditutupi paving blok yang tersusun rapi. Juga nampak sebuah bukit kecil dengan pohon besar tepat disamping amphitheatre. Sebanyak 2 escavator amphibi juga terlihat sedang beroperasi. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.