Sukses

ACMI Bangkitkan Kecintaan pada Kuliner Tradisional

ACMI mencoba membangkitkan lagi kecintaan masyarakat terhadap kuliner tradisional.

Citizen6, Jakarta: Pernah melihat nasi tumpeng?  Atau bahkan anda pernah menikmati dan membuatnya? Namun bagaimana dengan sejatinya tumpeng dalam budaya Jawa? Bagi masyarakat Jawa, tumpeng tak sekedar sajian utama, secara mitologi tumpeng merupakan sebuah ritual pelintasan (rite de passage). Maka kehadiran gunungan nasi beserta lauk pauknya ini seakan menjadi kewajiban, baik dalam perayaan kelahiran, syukuran, permohonan maupun upacara kematian.

Ragam kuliner nusantara tidak akan pernah menjadi “hanya” sajian. Akan selalu ada cerita, sejarah, dan budaya yang dikandung mereka seolah ingin dilahirkan kembali untuk menghantarkan memori tentang perjalanan panjang bangsa ini.



Aku Cinta Masakan Indonesia atau ACMI, adalah sebuah komunitas yang ingin melestarikan, mengembangkan, mendokumentasikan dan menyebarluaskan kekayaan kuliner Indonesia tidak hanya di negeri sendiri namun juga mancanegara.

Bukan perkara gampang untuk melakukan ini semua, terlebih ketika pemuda Indonesia lebih tertarik untuk mempelajari masakan internasional. "Masakan Indonesia itu susah," ujar salah satu kontestan ajang memasak di televisi nasional. Lalu jika sudah begini, kepada siapa keragaman kuliner Indonesia akan di turunkan?

ACMI bersama William Wongso mencoba membangkitkan lagi kecintaan masyarakat terhadap kuliner tradisional, dengan berbagai kegiatan yang dilakukan bersama seluruh anggota komunitas, seperti acara blusukan pasar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk kembali ke pasar tradisional, dan mempelajari ke-khas-an dari setiap pasar yang ada di Indonesia. Selain itu di komunitas ini juga kita akan mempelajari sejarah di balik masakan tradisional.



ACMI ingin masyarakat tidak hanya sebagai penikmat saja, tetapi juga sebagai pewaris. Mulailah pandang kuliner nusantara tak hanya sekedar hidangan, bukan lagi sekedar masakan, mereka lebih kaya dari itu, mereka warisan nusantara. (Dhila Fajri/Arn)

*Dhila Fajri adalah Anggota Komunitas ACMI yang dapat dihubungi melalui Twitter @acmiID dan www.acmi-indonesia.org

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini