Sukses

Sama dengan Eks Presiden Filipina? Jokowi: Saya Lebih Ganteng

Amien Rais menyamakan Jokowi dengan mantan Presiden Filipina Joseph Estrada: popularitasnya. Benarkah?

Mantan Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais, menyamakan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dengan mantan Presiden Filipina Joseph Estrada. Alasannya, kedua tokoh itu dipilih menjadi pemimpin berdasarkan popularitas.

Jokowi pun menanggapi pernyataan Amien Rais tersebut. "Kalau saya dibandingkan dengan Estrada, saya lebih ganteng dong," ujarnya di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Amien Rais juga menyindir Jokowi juga tidak berhasil ketika memimpin Solo yang menjadi salah satu kota termiskin di Jawa Tengah, karena itu ia meminta masyarakat tidak memuji Jokowi hanya karena popularitasnya.

Terkait itu, Jokowi menolak untuk berkomentar lebih jauh. Ia mengaku saat ini ia hanya ingin fokus pada tugasnya membenahi berbagai permasalahan di Jakarta.

"Nggak ngerti, saya nggak urus popularitas. Urusan saya cuma kerja," kata Jokowi.

Joseph Estrada memang tokoh populer di Filipina. Ia mantan bintang film populer yang menjabat sebagai Presiden Filipina ke-13 pada periode 30 Juni 1998-20 Januari 2001.

Skandal korupsi mengakhiri pemerintahannya. Dia digantikan wakil presidennya, Gloria Macapagal-Arroyo. Pada 2013, 12 tahun setelah lengser Estrada memenangkan pemilihan Walikota Filipina. (Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.