Sukses

Belajar dengan Hati Bersama IYA (Indonesia Youth in Action)

IYA dirintis sebagai tempat (wadah) aktivitas pemuda yang berani mengambil aksi.

Citizen6, Klaten: Berangkat dari pemikiran awal untuk mengambil satu aksi nyata untuk mewujudkan Indonesia lebih cepat ketimbang aksi protes-protes yang tak berujung pada munculnya perbaikan Indonesia yang lebih baik, maka terintislah satu gerakan dan/atau komunitas IYA (Indonesia Youth in Action). IYA sendiri bermula dari sebuah gerakan pada tahun 2007 yang bernamakan Teen's Area. Namun setelah ada penyempurnaan pada visi misi dan pandangan kegiatan, maka Teen's Area resmi bertransformasi menjadi IYA pada tahun 2011. IYA sempat vakum dan kembali diluncurkan pada Januari 2013.

Sejak Januari 2013, IYA telah mengadakan beberapa aksi dan/atau program seperti Kelas Sang Pemimpi di Panti Asuhan Pamardi Yogo Solo, Rumah IYA di SLBB YAAT Klaten, Kelas Sang Pemimpi di Yayasan Al Kahfi Sleman, Kelas Aku Melihat Dunia di MAN Maguwoharjo (bagi tuna netra). Sebab dasar pergerakan IYA yang lebih menyasar kepada program pendidikan pengembangan diri, motivasi, dan hubungan profesional (karir) dengan peminat dunia kerja (dari kalangan marginal society), maka pelajaran dalam kelas kami adalah mata pelajaran seperti mimpi, kelas menjahit, fotografi, desain, komputer, menulis, publik speaking dan lain-lain. Dan kelas-kelas tersebut diajarkan oleh para mentor yang notabene para profesional di bidangnya (sekaligus yang memiliki link untuk akses dunia kerjanya).



Di IYA, kami mengenal para sukarelawan dengan nama IYA Rangers. Siapapun boleh bergabung menjadi Rangers, semua juga boleh berbagi kisah dan saling menginspirasi. Sebab semua Rangers kebanyakan menjadi pendamping bagi peserta kelas, baik rekan-rekan tuna rungu, tuna netra, dan rekan-rekan yang termarjinalkan saat ini. Rangers terbagi menjadi 3, yakni donatur, kakak pendamping dan mentor. Yang paling mengesankan dari skema belajar mengajar ini, kami bisa berbagi ilmu dan mendapatkan ilmu di saat yang bersamaan. Menginspirasi untuk mendapat inspirasi.

Bagi yang ingin melihat beberapa perjalanan kami sejak bulan Januari lalu, silakan kunjungi rumah mini kami di www.indonesiayouthinacti.wix.com atau indonesiaberaksi atau follow twitter kami @IYAction.

Salam aksi! Act for better Indonesia! (Deliani Poetriayu Siregar/Arn)

*Deliani Poetriayu Siregar adalah President of IYA yang dapat dihubungi melalui akun Twitter @IYAction.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.