Sukses

Hebatnya Tim Teratai, Generasi Pemuda yang Peduli Indonesia

Berlatar kepedulian terhadap kondisi Indonesia di masa depan, lahirlah Tim Teratai ke muka bumi.

Citizen6, Yogyakarta: "Belajar dan Berkarya Untuk Indonesia!" Lima kata inilah yang menjadi semangat Tim Teratai. Sebuah komunitas beranggotakan puluhan pemuda bangsa yang sangat concern terhadap kondisi Indonesia di masa depan.

"Jika ingin mengubah Indonesia menjadi lebih baik, mulailah dari diri kita sendiri, baru kemudian mengajak orang lain. Di komunitas inilah kami sama-sama belajar, belajar menjadi generasi muda yang baik untuk Indonesia. Belajar untuk berkarya menciptakan hal-hal yang luar biasa untuk Indonesia, dan yang paling penting, belajar untuk menyetrumkan semangat ke orang lain untuk bersama-sama berkarya bersama kami." Demikian ungkapan semangat Tim Teratai.

Tim Teratai adalah sebuah lembaga non profit yang memfokuskan diri pada training, pelatihan outbound dan inbound pelajar di Yogyakarta. Lembaga ini memilik visi yaitu turut berperan aktif dalam pengembangan karakter generasi mua Indonesia yang positif dan bermoral baik, sehingga dapat menghasilkan karya yang luar biasa dan menginspirasi orang-orang di sekitarnya.

Melalui jargon "Belajar Untuk Indonesia", Tim Teratai sangat menyakini generasi muda Indonesia akan mampu membangkitkan dan menyalakan keberhasilan Indonesia di masa yang akan datang. Berawal dari keresahan kasus contek-mencontek, tawuran, narkoba, seks bebas, dan masalah remaja lainnya yang melanda Kota Pendidikan tercinta, maka tepat 15 Maret 2011 beberapa alumni SMA Negeri 3 PADMANABA Yogyakarta berkumpul dan mendirikan komunitas ini.

Pertemuan tersebut menghasilkan ide dan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan oleh Tim Teratai, sehingga dapat memberikan perubahan yang nyata untuk generasi muda Indonesia.

Agenda Tim Teratai dimulai dengan mengampanyekan sebuah gagasan sederhana, yaitu "Gerakan Anti Mencontek". Maraknya kasus contek-mencontek yang terjadi di lingkungan sekolah saat itu menjadi alasan tim ini untuk mulai bergerak. Seolah-olah mencontek ketika ujian merupakan hal yang sudah biasa dan sangat lazim dilakukan. Inilah krisis moral yang dialami remaja Indonesia sekarang. Maka dari itu, kampanye dilakukan dengan sangat massif. Bekerjasama dengan lembaga-lembaga pelajar dan gerakan alumni tiap-tiap sekolah, kami menyebarkan kampanye melalui media sosial, SMS, dan membagikan pin-pin gratis ke semua pelajar Yogyakarta.

Inilah inti dari perjuangan Tim Teratai. Dengan semangat belajar dan berkarya untuk Indonesia, di awal tahun pembentukannya kami melakukan kampanye gerakan moral baik generasi muda Indonesia dengan berbagai cara. Di antaranya dengan Motivation Training (Pelatihan Motivasi) yang dapat dilakukan baik indoor maupun outdoor, Otbound Training (Upgrading Event Organizer, Games Session), pelatihan MC dan pendongeng profesional, dan SMS penyemangat Tim Teratai.

SMS penyemangat berupa program pengiriman SMS motivasi dan semangat langsung ke sahabat Tim Teratai, dan bersifat gratis. Tim Teratai sangat terbuka menerima semua partisipasi semangat dari Sahabat Tim Teratai yang ingin berbagi kalimat positifnya.

Hingga tahun ketiga berdirinya Tim teratai, tercatat sudah lebih dari 500 Sahabat Tim Teratai yang berpartisipasi dalam membagikan kata penyemangatnya. Dan setiap pekannya lebih dari 1000 orang menerima kata-kata penyemangat melalui SMS Penyemangat Tim Teratai.

Ibaratnya seperti sebuah teko, Tim Teratai siap menampung semua hal positif dari setiap Sahabat Tim teratai, lalu kemudian dituangkan ke sahabat teratai lain. Dengan satu tujuan, menjadi baik bersama-sama untuk Indonesia yang lebih baik.

Selain itu, tiap semester Tim Teratai mengadakan sebuah acara sosial gratis yang ditujukan untuk menyemangati teman-teman di panti asuhan yang melibatkan seluruh pelajar Kota Yogyakarta yang diberi nama "Tim Teratai Berbagi". Tim Teratai Berbagi diadakan dalam bentuk training gratis dan bakti sosial untuk panti asuhan-panti asuhan yang disinggahi.

Sampai saat ini, terhitung sudah 5 kali Tim Teratai mengadakan acara Tim Teratai Berbagi. Media sosial pun menjadi salah satu andalan untuk berbagi kebaikan dan semangat kepada seluruh generasi muda di Indonesia.

Karena disadari, generasi muda sekarang tentu sangat dekat sekali kehidupannya dengan dunia maya. Oleh karena itu, Tim Teratai Berbagi juga mendekatkan diri kepada para generasi muda melalui Twitter @timteratai dan juga page Facebook, yakni https://www.facebook.com/timteratai. Dengan harapan dapat menyebarkan semangat di dunia maya.

Inilah cara Tim Teratai untuk mencintai Indonesia. Dengan turut serta mengembangkan karakter generasi muda Indonesia, mereka yakin di masa yang akan datang, Indonesia Pasti Bisa! Berkilaulah… (Alfredo Di Stefano/Mar)

Alfredo Di Stefano adalah salah satu anggota Tim Teratai dan juga pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: @timteratai dan Facebook:  https://www.facebook.com/timteratai.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini