Sukses

Alasan Obama Berhenti Merokok: Takut Istri!

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengaku berhasil menyetop merokok karena takut pada istrinya, Michelle Obama.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama sempat mempunyai kebiasaan buruk, yakni merokok. Tapi sekarang ia sudah menghentikannya. Kok bisa? Obama mengaku berhasil menyetop merokok karena takut pada istrinya, Michelle Obama.

"Itu karena saya takut istri saya," ungkap Obama dalam acara pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Senin 23 September, waktu setempat, yang dimuat BBC, Selasa (24/9/2013). Ia mengaku sudah tidak merokok sejak sekitar 6 tahun lalu.

Saat itu, Obama tengah berbincang dengan Maina Kiai, seorang staf khusus PBB yang menaungi urusan demokrasi. Presiden ke-44 AS itu tampak tak menyadari ungkapan takut istri itu terekam kamera dan tersiar stasiun televisi CNN.

"Saya harap Anda juga berhenti merokok," saran Obama kepada Kiai yang berasal dari Kenya itu.

"Mungkin," jawab Kiai sambil berjabat tangan dengan Obama dan tersenyum.

Baik Obama dan Kiai dikenal telah menjalin hubungan baik cukup lama. Mereka sama-sama belajar di Harvard University Law School.

Obama sebelumnya memang diketahui sempat berjuang untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Pada 2011, Michelle Obama mengatakan suaminya akhirnya menghentikan kebiasaan itu.

Dalam sebuah penelitian, perokok yang berhasil menghentikan kebiasaannya cenderung merasa lebih tenang meski ada kepercayaan bahwa merokok dapat meredakan stress.

Riset itu dilakukan British Journal of Psychiatry atas sekitar 500 perokok di klinik berhenti merokok di Inggris. (Riz) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.