Sukses

Warga Ria Rio Tolak Undian Rusun, Jokowi: Saya Turun Rampung

"Itukan baru. Nantilah saya turun, kalau saya turun, rampung," kata Jokowi.

Pengundian rumah susun Pinus Elok hari ini terpaksa dibatalkan. Ratusan warga yang bermukim di sekitar Waduk Ria Rio, Pedongkelan, Jakarta Timur menolak mengikuti pengundian dan memilih walk out atau meninggalkan kantor Walikota Jakarta Timur.

Mendengar kabar tersebut, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, pengundian tersebut masih tahap awal proses pemindahan warga ke rusun Pinus Elok. Maka itu, mantan walikota Surakarta itu yakin apabila dirinya turun langsung ke lapangan mengawasi pengundian, warga tidak akan walk out.

"Itukan baru. Nantilah saya turun, kalau saya turun, rampung," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Warga waduk Ria Rio memilih tidak mengikuti pengundian karena mereka merasa masih belum mendapatkan kejelasan mengenai dana kompensasi Rp 1 juta, teknis relokasi, dan kesiapan unit-unit rusun yang tersedia. Bahkan, sebagai bentuk ketidakpuasan, warga meneriakkan penolakan mereka ketika beranjak dari kantor walikota.

Namun Jokowi kembali menegaskan, tidak akan terjadi penolakan warga jika ia turun langsung ke lapangan. "Tidak. Nanti saya turun, tidak," tegas pria kelahiran 1961 itu. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.