Sukses

Komunitas Generasi Zakat, Anak-anak Muda Pecinta Zakat

Tempat berkumpulnya para anak muda yang cinta zakat.

Citizen6, Jakarta: Persoalan kemiskinan ini selalu menjadi persoalan krusial siapapun yang menjadi pemimpin bangsa ini, hal ini wajar mengingat masalah kemiskinan hampir dihadapi dan ditempuh oleh semua bangsa di dunia. Kemiskinan di Indonesia telah menciptakan kesenjangan baik antar golongan penduduk ataupun pembangunan antarwilayah. Jika ditinjau lebih jauh, ekses kemiskinan yang paling dirasa dampaknya di masyarakat adalah terkait buruknya layanan pendidikan, kesehatan dan ketahanan pangan. Hal ini terjadi di wilayah yang merupakan kantung-kantung kemiskinan.

Berangkat dari fakta diatas, maka beberapa anak muda dari berbagai daerah tergerak untuk melakukan sebuah gerakan sosial. Didirikan oleh 22 orang lulusan dari berbagi kampus pada November 2012, mereka pada awalnya mengikuti program pendidikan yang diadakan oleh Dompet Dhuafa, sebelum mendeklarasikan komunitas mereka yang bernama “Generasi Zakat”. Anak-anak muda yang berasal dari berbagai alumni kampus ini memang rata-rata mantan aktivis kampus, wajar jiwa kepedulian mereka sudah tumbuh sejak lama.

Menggali filosofi mendalam dari zakat sebagai sebuah instrumen jaring pengaman sosial, bekal pendidikan yang mereka peroleh selama mengikuti program dari Dompet Dhuafa, menjadi pemantik untuk berbagi kepedulian pada sesama. Tujuan komunitas ini adalah melakukan sebuah edukasi dan kampanye tentang pemberdayaan zakat pada berbagai kalangan lintas usia, serta melibatkan mereka dalam kerja-kerja sosial. Generasi Zakat melakukan sosialisasi lewat sosial media Facebook dan Twitter, dan beberapa kali melakukan proses penggalangan dana untuk disalurkan kepada kalangan yang membutuhkan. Beberapa program yang pernah mereka gulirkan adalah Tebar Buku untuk panti asuhan, pelatihan menulis untuk anak-anak yatim, pemberian bantuan modal dan pembinaan pada pengrajin handicraft, pemberian bantuan pada komunitas anak jalanan di Jakarta dan masih banyak lagi. Semua program ini didanai dari dana zakat, infak atau sedekah yang berhasil mereka kumpulkan.

Gerakan kepedulian yang dimulai dari Generasi Zakat ini juga terus mengalami inovasi dan melahirkan berbagai gerakan lain seperti DD Volunteer dan Mari Membantu. Semua gerakan ini dikampanyekan kebanyakan melalui sosial media. Selain ajakan berbagi, mereka juga sering berbagi ilmu dan wawasan lewat sosial media ini, tujuan awalnya memang membangun awareness tentang pemberdayaan masyarakat. (Dwi Putro/Arn)

*Dwi Putro adalah pewarta warga yang dapat dihubungi melalui Twitter @generasizakat, @DD_Volunteer atau @marimembantuID.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini