Sukses

Muda Berbagi, Karena Kita Peduli

Komunitas ini menyadarkan kita bisa berbuat sesuatu untuk membantu sesama.

Citizen6, Semarang: Hingga akhir Januari 2013, Badan Pusat Statistik mengumumkan data kemiskinan Indonesia dengan perincian jumlah penduduk miskin per September 2012 mencapai 28,59 juta orang. Terlepas dari perdebatan benar atau tidaknya data yang dikeluarkan, sekitar 30 juta orang di Indonesia diasumsikan tinggal ditempat yang tidak layak, hidup dalam gizi buruk dan mungkin sakit tanpa mampu berobat.

Melihat kenyataan ini, sebagian anak muda kemudian turut bergerak, mencoba berbuat sesuatu. Sebagian lagi bersikap pasif, lebih menyerahakan masalah ini pada pemerintah atau lembaga lainnya. Bukan karena tidak peduli atau hati nurani yang belum terketuk. Namun keterbatasan kemampuan sering kali membuat mereka yang muda belum mau bergerak. Padahal, apabila disadari, setiap hal kecil yang dilakukan bersama-sama bisa membuat perubahan besar.

Muda Berbagi dibentuk baru pada awal Januari 2013, berawal hanya dari beberapa mahasiswa di Semarang yang terbiasa mengumpulkan donasi bersama-sama untuk disalurkan ke panti asuhan secara rutin. Hingga kini Muda Berbagi telah menyantuni ratusan anak yatim di belasan panti dan beberapa kali turun ke jalan untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Muda Berbagi adalah salah satu komunitas yang bergerak merangkul anak-anak muda untuk bergerak bersama dan berpartisipasi secara nyata, melakukan aksi sosial secara rutin di kota masing-masing anggota. Tujuan utama Muda Berbagi bukanlah pengumpulan dana, juga bukan tentang seberapa besar donasi yang diberikan.

Tujuan utama komunitas Muda Berbagi adalah menumbuhkan kepedulian dan persatuan. Uang, tenaga dan waktu hanyalah sarana. Namun kepedulian dan kesadaran untuk bergerak bersama adalah dasar dari pembentukan karakter generasi muda yang diharapkan mampu memberikan solusi permasalahan sosial yang ada, terutama di daerah kita sendiri.

Komunitas ini mencoba mengatakan bahwa siapapun kita, dengan berbagai latar belakang dan kondisi ekonomi seperti apapun, bisa berbuat sesuatu untuk membantu sesama. Bahwa sebenarnya, kita mampu memberikan perubahan yang berarti dalam kehidupan. Semua itu mungkin dilakukan apabila kita peduli dan bergerak bersama-sama.

Mari bergerak bersama-sama. Mari berbagi tanpa tapi, karena sekecil apapun yang kita bagi, akan berdampak luas bila dikerjakan bersama-sama. (Kisando Husain/Arn)

*Kisando Husain adalah pewarta warga yang dapat dihubungi melalui Twitter @MudaBerbagi_id dan MudaBerbagiid.blogspot.com

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.