Sukses

Di Hadapan Gubernur se-ASEAN, Jokowi: One Vision, One Community

Gubernur DKI Jakarta Jokowi membuka acara pertemuan gubernur-walikota se-ASEAN.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi membuka acara pertemuan gubernur-walikota se-ASEAN. Ia menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris. Dalam kesempatan tersebut, pria bernama lengkap Joko Widodo itu mengingatkan kembali motto ASEAN kepada para gubernur-walikota yang hadir.

"One Vision, one identity, one community," kata Jokowi dalam acara Meeting of The Governors/Mayors of The Capitals of ASEAN di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2013).

"That is the motto Southeast Asian Nations, a region with over 600 million people - gave themselves as a guideline and inspiration (Begitulah motto ASEAN, kawasan yang dihuni lebih dari 600 juta orang. Menginspirasi dan memandu kita semua," imbuh dia.

Mantan Walikota Solo ini mengimbau agar semua orang di ASEAN, termasuk para pemimipin daerah di kawasan tersebut menjunjung tinggi motto itu. "Ini adalah motto yang layak untuk diperjuangkan," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengungkap hasil studi yang menyebut kesadaran orang Indonesia akan pentingnya menjalin hubungan dengan negara-negara ASEAN cukup tinggi. "Namun survei lain menyatakan warga Indonesia kurang mengetahui bagaimana menjalin hubungan itu," ujarnya.

Ada 110 orang delegasi dari 10 ibukota negara anggota ASEAN. Selain delegasi negara anggota ASEAN, hadir pula dalam acara tersebut, yakni Wakil Menteri Luar Negeri Wardana, Dirjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri I Gusti Agung Wesaka Puja, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Djohermansyah Djohan. (Riz/Ism) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations.

    ASEAN

Video Terkini