Sukses

Jokowi Pertemukan Gubernur-Walikota se-ASEAN

Sambut ASEAN Economy Community 2015, Joko Widodo akan diskusi perdagangan bebas, jasa, dan investasi modal dengan para petinggi negara.

Gubenur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dijadwalkan membuka dan menghadiri acara pertemuan dengan 110 orang delegasi dari 10 ibukota negara anggota ASEAN di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2013). Selaku inisiator acara Meeting of The Governors/Mayors of The Capitals of ASEAN itu, Ied Sabila mengungkapkan Jokowi juga akan melakukan konferensi pers, membuka sesi diskusi, dan deklarasi. 

"Pak Gubernur akan hadir Jam 09.00 bersama para gubernur-walikota dari negara-negara anggota ASEAN," kata staf Humas Pemprov DKI Jakarta, Ied Sabilla kepada Liputan6.com.

Dalam pertemuan yang bertemakan "ASEAN Goes Local: Contributing to ASEAN Community 2015" tersebut, Jokowi bersama para pimpinan negara akan saling bertukar pandangan mengenai Asean Economy Community yang akan dimulai pada tahun 2015 nanti.

"2015 nanti sudah dibuka Asean Economy Community, mau tak mau, kita gubernur ibukota di Asia Tenggara harus siap, kerja apa. Makanya kita  adakan pertemuan, supaya kita bisa saling belajar mengenai masalah di ibukota masing-masing," ujar Jokowi.

Ia menjelaskan dengan diberlakukannya Asean Economy Community, maka perdagangan bebas pada sektor jasa, investasi modal, dan  penyaluran tenaga kerja terampil antar negara-negara ASEAN mulai diberlakukan.

"Ini tantangan dan menjadi peluang yang dihasilkan integrasi regional di kawasan Asia Tenggara. Pada tingkat Pemerintah Daerah masing-masing kota perlu dibahas lebih lanjut dan dalam," ucap Jokowi. (Tys/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi