Sukses

Anak Buah Ditahan, Jokowi: Bagus Dong Biar Jera

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyerahkan anak buahnya yang diduga terlibat kasus korupsi ke proses hukum.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku sudah mengetahui penahanan 2 PNS di Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. Jokowi mengaku pihaknya tidak akan mencampuri urusan tersebut dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kejaksaan untuk di proses secara hukum.

"Kita serahkan ke wilayah hukum, biar nanti (diputuskannya) seperti apa, ya lihat saja," kata pria yang kerap disapa Jokowi itu di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (17/9/2013) malam.

Jokowi pun mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Utara yang telah menangkap anak buahnya itu, menurutnya, penindakan itu diharapkan oleh dapat menjadi pelajaran bagi yang lain agar berhati-hati dan tidak melakukan tindak korupsi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Ya itu bagus dong, biar ada efek jera juga buat yang lainnya," ujar Jokowi.

Dua pejabat yang ditahan itu berinisial MM yang menjabat sebagai Kepala Unit Pengelola Kelistrikan Kabupaten Kepulauan Seribu dan SBR, Kepala Seksi Perawatan UPT Kelistrikan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kasus tersebut terjadi pada tahun 2012. Terungkapnya kasus tersebut berawal ketika keduanya melaporkan proyek perbaikan dan pemeliharaan kelistrikan sejumlah pulau di Kepulauan Seribu dengan nilai Rp 1,3 miliar telah selesai.

Namun setelah dicek, pengerjaan tersebut sama sekali tidak ada, bahkan di beberapa pulau, yaitu di Pulau Tidung dan Pulau Kelapa alat instalasi yang telah dibeli hanya mangkrak begitu saja dan tidak terpasang.

Penyidik hanya menemukan kuitansi pembelian komponen generator senilai Rp 144 juta pada 2012. Saat ini, keduanya telah ditahan oleh Kejaksaan Tinggi Jakarta Utara untuk mempertanggungjawabkan tindakannya tersebut. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

Video Terkini