Sukses

Kisah 4 Pulau `Milik` Ahok dan Ide Santan Kemasan

Ahok terlahir dari keluarga berada. Sang ayah mewariskan sejumlah pulau kecil di sekitar Belitung.

Ahok memang terlahir dari keluarga berada. Di Belitung Timur, keluarga pria bernama asli Basuki Tjahaja Purnama itu memang cukup terpandang. Sang ayah, Indera Tjahaja Purnama, seorang pengusaha timah.

Tidak tanggung-tanggung, Indera Tjahaja menguasai 4 pulau di sekitar Pulau Belitung. Dan, setelah Indera Tjahaja meninggal dunia, pulau-pulau itu diwariskan kepada istri dan anak-anaknya, termasuk Ahok yang kini mejadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Di Belitung itu ada 168 pulau kecil, saya diwarisi bapak 3-4 pulau, tapi bukan ke saya, ke ibu saya," kata Ahok di Kecamatan Gantong, Belitung Timur, Minggu, (15/9/2013).

Sejak Indera Tjahaja masih hidup hingga kini, pulau-pulau itu hanya ditanami pohon kelapa. Indera Tjahaja tidak mau membangun penginapan di pulau-pulau miliknya, meski pulau itu berpotensi didatangi banyak wisatawan.

Penanaman pohon kelapa itu bukan tanpa alasan. Indera Tjahaja dulu kala punya mimpi membuat santan kemasan dari kelapa-kelapa yang ditanam di pulau-pulau miliknya tersebut.

"Bapak aku ingin buat santan kotakan gitu. Dia bilang, mau buat santan yang dibuat di kotak. Seperti minuman-minuman kotak waktu dulu," tutur Ahok.

Namun, ide Indera Tjahaja itu malah ditertawakan masyarakat seantero Belitung Timur. Ide itu manjadi bahan tertawaan orang karena dianggap lucu dan tidak masuk akal.

"Bapak bilang gitu, justru ditertawakan. Kata orang-orang, masa santan dimasukkan ke kotak. Orang suka santan yang segar, tidak segar, tidak mungkin ada yang beli," kata Ahok menirukan omongan warga Belitung kala itu.

Ditertawakan, kata Ahok, ayahnya kesal. Sang ayah kemudian meminta Ahok untuk merantau ke Jakarta supaya punya pengetahuan lebih dan tidak menertawakan ide-ide maju seperti santan kemasan seperti warga Belitung Timur lain.

"Setelah lulus Bapak bilang, kamu  sekolah ke Jakarta, supaya komentarnya yang bagus, di sini komentarnya lesu semua. Kalau kamu sekolah di Belitung, kamu nanti ketawain ide Bapak juga," kenang Ahok sambil tertawa.

Lepas lulus SMP, Ahok akhirnya menimba ilmu di Jakarta, dan kemudian kuliah jurusan Geologi di Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.