Sukses

[VIDEO] Nasib ABK Tegal di Kapal Taiwan, Penyiksaan Berujung Maut

9 Nelayan Indonesia yang bekerja di kapal ikan Taiwan terancam hukuman seumur hidup dengan tuduhan pembunuhan. Keluarga di Tegal khawatir.

9 Nelayan Indonesia yang bekerja di kapal ikan Taiwan terancam hukuman seumur hidup dengan tuduhan terlibat pembunuhan. Keluarga nelayan di Tegal, Jawa Tengah pun khawatir.

Hampir sebagian besar pria di Kampung Tegal Sari, Jawa Tengah bekerja sebagai nelayan di kapal asing. Namun belakangan para pria di sini makin khawatir bekerja di kapal asing. Ketakutan berawal dari 9 nelayan Indonesia yang diancam hukuman seumur hidup dengan tuduhan pembunuhan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (14/9/2013), salah satunya dialami Visa Susanto Nova. Adik Visa Susanto ini tidak bisa berbuat banyak. Kakaknya yang dituduh ikut terlibat pengeroyokan. Saat ini nasibnya tidak jelas. Tanpa upaya bantuan hukum dari pemerintah. Bahkan tidak ada kabar.

Keributan yang berujung dengan tewasnya Kapten Kapal Te Hung Hsing 638 bagai gunung es. Hal itu terjadi karena penyiksaaan sepanjang tahun dan gaji yang tidak dibayar.

Para keluarga anak buah kapal (ABK) yang terancam hukuman mati mendatangi kantor SCTV. Upaya ini dilakukan setelah menemui berbagai pihak seperti BNP2TKI, Kemenlu, dan Kemenaker tidak mendapatkan hasil. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.