Sukses

8 Nama Kandidat Cawapres, Jokowi: Tanya Bu Ketum!

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo enggan menanggapi adanya 8 nama calon pendampingnya, jika dia ditentukan sebagai capres dari PDIP.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo enggan menanggapi adanya 8 nama calon pendampingnya sebagai calon wakil presiden (Cawapres), bila nanti ditetapkan menjadi capres PDIP. Gubernur yang akrab disapa Jokowi itu masih terus mengelak.

"Tanya saya itu masalah macet, masalah transportasi," tegas Jokowi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Lebih jauh, mantan Walikota Solo itu menjelaskan, bila ingin menanyakan terkait Pilpres 2014 bisa ditanyakan langsung kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal ini karena dalam mandat Kongres PDIP lalu memberikan sepenuhnya kewenangan kepada ketua umum untuk menentukan siapa Capres dan Cawapres PDIP pada 2014.

"Kalau masalah itu tanyakan ke ibu ketum," tegasnya.

Politikus PDIP Hendrawan Supratikno menjelaskan, dalam Rapat Kerja Nasional III PDIP akhir pekan lalu, memunculkan 8 nama pendamping Jokowi. Nama 8 orang itu muncul dalam obrolan santai oleh para Pengurus DPD dan DPC PDIP yang hadir menjadi delegasi dalam rakernas III PDIP di Ancol, Jakarta Utara pekan lalu dan bukan melalui pembahasan resmi Rakernas III.

"Ada sejumlah nama dielus-elus yang disampaikan dalam rakernas oleh utusan-utusan daerah ketika makan siang dan pertemuan informal lainnya seperti istirahat dan lain-lain," kata Hendrawan saat berbincang dengan Liputan6.com.

Mereka antara lain Puan Maharani, Pramono Anung, Prananda Prabowo, Prabowo Subianto, Mahfud MD, Pramono Edhie Wibowo, Jusuf Kalla, dan Hatta Rajasa.

Namun, menurut anggota Komisi VI DPR RI ini penyebutan nama-nama yang untuk menjadi pendamping Jokowi dalam pencapresan nanti sifatnya sangat sementara. Lantaran, Jokowi juga belum ditentukan sebagai calon presiden. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.