Sukses

Survei SSSG: Bila Pilpres Hari Ini Jokowi Menang, Megawati Buncit

Jokowi kembali disebut sebagai calon presiden favorit pada Pilpres 2014 mendatang.

Nama Jokowi memang mengalami popularitas dan elektabilitas yang tinggi dalam beberapa kurun waktu terakhir. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta itu dinilai layak untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2014 mendatang.

Hal itu sejalan dengan survei dari Soegeng Sarjadi School of Goverment (SSSG) yang dirilis hari ini. Dalam survei, mantan Walikota Solo bernama lengkap Joko Widodo itu menjadi tokoh yang paling diminati publik untuk jadi presiden jika pemilihan langsung dilaksanakan hari ini.

"Nama Joko Widodo paling diminati oleh pemilih jika Pemilu Presiden dilakukan hari ini," kata Peneliti SSSG, Ilman Nafian saat jumpa pers di Wisma Kodel, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2013).

Dalam survei ini, kata Ilman, Jokowi memperoleh 45,8 persen. Diikuti nama Jusuf Kalla dengan 9,0 persen. Kemudian ada nama Dahlan Iskan dengan 7,5 persen, Prabowo Subianto 6,8 persen, dan Mahfud MD 5,8 persen.

Selain itu, ada nama Wiranto 3,6 persen, Aburizal Bakrie 2,4 persen, dan Megawati Soekarnoputri 1,8 persen di posisi berikutnya.

Adapun metode pengumpulan data dalam survei ini dilakukan denganw wawancara via telepon dengan responden adalah warga yang tinggal di 10 kota besar yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Denpasar, dan Balikpapan. Dalam survei ini, sampel diambil secara acak yang nomor teleponnya terdapat di dalam buku Telkom. Jumlah sampel sebanyak 1.250 responden. (Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.