Sukses

DPRD DKI Desak Jokowi-Ahok Bentuk BUMD Transjakarta

DPRD DKI Jakarta mengusulkan agar Pemprov membentuk BUMD untuk mengelola angkutan umum Jakarta, seperti TransJakarta.

DPRD DKI mengajukan usulan agar Pemprov DKI Jakarta membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pengelola angkutan umum Jakarta, seperti Transjakarta. Alasannya, akhir 2013 ini Pemprov DKI akan mendatangkan sebanyak 674 bus.

"Kalau menunggu PPD kelamaan. Harusnya dibuatkan BUMD, kita usulkan PT Transjakarta. Tapi sampai sekarang belum ada kejelasan dari pihak Pemprov," ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana, Kamis (12/9/2013).

674 bus yang akan datang itu dengan rincian 346 bus berukuran sedang, 150 unit bus gandeng, dan 178 unit bus single. Saat ini pengadaan bus itu dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI. Namun menurut Dewan perlu ada wadah dalam bentuk BUMD.

Politisi yang akrab disapa Sani ini menilai Unit Pengelola (UP) Transjakarta saat ini memiliki manajemen yang kurang baik. Sehingga perlu dilakukan perombakan SDM yang lebih profesional segingga menjadi PT Transjakarta.

"Ya harus dari orang-orang terpilih untuk mengurus BUMD, masak pakai UP Transjakarta yang nggak bagus gitu," kata politisi PKS ini.

Ibarat gayung bersambut. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sedang menyiapkan sebuah Peraturan Daerah (Perda) untuk membentuk PT Transjakarta.

Hanya saja, keputusan pembentukan PT tersebut berada di DPRD. "Itu mau ke arah PT seperti BUMD. Tergantung DPRD. Lagi siapin Perda," kata Ahok. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

Video Terkini