Sukses

Punya Ide Kreatif? Gabung Yuk di Komunitas Indonesia Bebas Rokok!

Komunitas Indonesia Bebas Rokok didirikan pada 27 November 2012, oleh 2 orang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Depok.

Citizen6, Depok: Komunitas Indonesia Bebas Rokok didirikan pada 27 November 2012. Didirikan oleh 2 orang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di daerah Depok, Jawa Barat.

Dibentuknya komunitas ini dilatarbelakangi oleh minimnya kepedulian anak-anak muda di Indonesia untuk menjaga kesehatan khususnya dalam hal menjauhkan diri dari kebiasaan buruk merokok. Pada awalnya, komunitas ini bertujuan untuk menyadarkan anak-anak muda Indonesia khususnya pengguna social media di Indonesia untuk lebih peduli lagi menjaga kesehatan dengan tidak merokok.

Melalui Social media dan website, komunitas ini mencoba mengumpulkan anak-anak muda kreatif yang mempunyai kemampuan untuk mengolah gambar dan video menjadi suatu karya yang menginspirasi dan mengedukasi anak-anak muda akan bahaya rokok.  

"Sebuah karya seni akan lebih bermakna dibandingkan dengan seribu kata". Kalimat itulah yang menjadi pedoman kami untuk terus berkarya menyadarkan anak-anak muda Indonesia akan bahaya dari rokok.  

Saat ini komunitas Indonesia Bebas Rokok beranggotakan 7 orang anak muda yang terdiri dari 3 orang designer, 1 orang video editor, dan 3 orang admin yang memegang akun social media dan website untuk berusaha untuk menjadikan komunitas Indonesia Bebas Rokok lebih dikenal di dunia maya lewat karya-karya seni yang kreatif.

Saat ini juga komunitas Indonesia Bebas Rokok berusaha mengumulkan "Smoke Free Agent" dengan tujuan untuk mengumpulkan anak-anak muda yang juga sama-sama memiliki visi, misi serta kepedulian untuk menyebarkan informasi akan bahaya rokok terhadap generasi muda.

Untuk bergabung menjadi "Smoke Free Agent", bisa mendaftarkan dirinya melalui website Komunitas Indonesia Bebas Rokok di www.indonesiabebasrokok.org. Saat ini sudah ada lebih dari 300 orang dari seluruh Indonesia yang mendaftar menjadi "Smoke Free Agent". Dari sekian banyak agent yang mendaftar, selanjutnya akan secara rutin dikirimkan informasi melalui alamat email dan menghubungi mereka bila ada kegiatan offline yang berlangsung di kotanya masing-masing.

Komunitas Indonesia Bebas Rokok juga pernah berkontribusi menjadi Komunitas sponsor pada acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada Mei 2013 yang lalu di Jakarta. Komunitas ini menyumbang design material seperti backdrop, poster, spanduk, pin, dan seluruh kebutuhan material print dalam acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2013.

Selain itu juga komunitas ini pernah mengadakan gathering dengan berbagai instansi dan komunitas lain yang juga sama-sama memiliki visi, misi, serta kepedulian terhadap bangsa Indonesia. Indonesia Bebas Rokok juga berkesempatan untuk hadir dalam acara Social Media Festival 2013 pada 12 dan 13 Oktober mendatang bertempat di FX Sudirman Jakarta dalam sebuah booth dan siap untuk berkolaborasi dengan beberapa komunitas lainnya.

Jika ingin bergabung dengan Komunitas Indonesia Bebas Rokok, bisa follow melalui akun twitter @BebasRokokID, Facebook Page Melalui facebook.com/BebasRokokID, akun Youtube melalui youtube.com/BebasRokokID dan tentunya melalui website di www.indonesiabebasrokok.org. Diharpakan dengan bergabungnya anak-anak muda Indonesia, Indonesia bisa lebih baik lagi tanpa adanya rokok yang sudah jelas mengandung racun yang mematikan. (Yosef Rabindanata Nugraha/Mar)

Yosef Rabindanata Nugraha adalah pewarta warga yang bisa dihubungi di akun twitter: @BebasRokokID, Facebook Page Melalui facebook.com/BebasRokokID, dan melalui website di www.indonesiabebasrokok.org.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini