Sukses

China: Awas! Korupsi dan Suap di Balik Lezatnya Mooncake

Para pejabat China dilarang keras menggunakan uang rakyat untuk mengirimkan bingkisan kue bulan alias mooncake.

Memberikan mooncake atau kue bulan pada kerabat dan kolega adalah bagian yang tak terpisahkan dari perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur China atau Mid-Autumn Festival, namun aturan hukum baru meredam niat untuk memberikan kue tradisional tersebut. Setidaknya di kalangan pejabat pemerintah.

Seperti dimuat situs Xinhua, Inspeksi Disiplin Komisi Sentral Partai Komunis baru-baru ini mengumumkan, para pejabat dilarang keras menggunakan uang rakyat untuk mengirimkan bingkisan kue bulan terkait puncak perayaan yang jatuh 19 September mendatang.

Aturan baru tersebut dikeluarkan sebagai bagian kampanye antikorupsi besar-besaran yang dilakukan pemerintahan Presiden Xi Jinping.

"Pimpinan departemen dan pejabat harus mengurangi trend bermewah-mewahan dalam perayaan dan berani untuk meninjau serta memperbaiki dekadensi perilaku pada waktu yang tepat sambil memberikan contoh melalui dirinya sendiri," demikian pengumuman partai yang Liputan6.com kutip dari CNN, Rabu (4/9/2013).

Kue tradisional tersebut biasa dimakan dalam perayaan pertengahan musim gugur. Biasanya berisi pasta biji teratai dan kuning telur asin -- yang melambangkan Bulan.

Banyak toko kue yang menyediakan konter khusus kue bulan. "90 persen pembeli kue bulan menghadiahkannya pada orang lain," kata Karlson Wong kepala pemasaran Kee Wah Bakery, salah satu toko kue tertua di Hong Kong. "Sebagai perwujudan rasa hormat dan membina hubungan baik."

Gratifikasi Kue Bulan

Kue bulan biasanya diberikan dengan cara dikirim, tidak disertai kunjungan ke rumah-rumah seperti halnya saat merayakan Imlek. Dalam beberapa tahun terakhir, kiriman mooncake jadi tren di Daratan China.

Kue yang dibungkus kotak mewah nan elegan berharga RMB 2.000 atau Rp 3,6 juta laris manis diborong pebisnis yang ingin mempererat hubungan dengan kolega atau pejabat.

Terkadang tak cuma kue. Kiriman kue juga sering ditambahi sewadah daun teh berkualitas tinggi yang mahal, sebotol minuman beralkohol yang tak murah, atau bahkan amplop berisi uang tunai dan kupon barang mewah. Membuat batasan antara pemberian dengan suap amatlah tipis.

Tahun lalu, pemerintah China juga pelarangan semua item non-kue bulan dari paket berlabel "mooncake". Namun, aturan kali ini lebih tegas. (Ein/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini