Sukses

SBY Usulkan Foke Jadi Dubes RI di Jerman

"Kemunculan nama Pak Foke tentu tidak mengejutkan, karena beliau doktor dari Jerman," kata Ramadhan Pohan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengusulkan nama-nama baru untuk menjadi Duta Besar (Dubes) ke Komisi I DPR. Salah satu nama yang diajukan itu adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau yang biasa disapa Foke. Pria berkumis tebal itu diusulkan menjadi Dubes Jerman.

"Kemunculan nama Pak Foke tentu tidak mengejutkan, karena beliau doktor dari Jerman," kata Wakil Ketua Komisi I Ramadan Pohan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Karena pernah tinggal di Jerman, tambah Ramadhan, Foke dinilai paham tentang seluk-beluk negeri yang kini dipimpin oleh Kanselir Angela Merkel itu. "Pengetahuan dan daya kultur Jerman juga kuat. Pengalaman Beliau ini akan memudahkan Indonesia dalam mencapai target sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah," tambah Ramadhan.

Sementara itu, anggota Komisi I Susaningtyas NH Kertopati mengatakan, modal Foke yang sudah lama menetap di Jerman dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Indonesia. Salah satunya adalah kelancaran bahasa Jerman yang dimiliki oleh Foke.

"Foke saya lihat cocok untuk Jerman, karena sudah lama sekolah di sana dan banyak teman di sana. Dia juga lancar berbahasa Jerman," kata Susaningtyas.

Menurut informasi yang beredar, selain Foke ada sejumlah nama pejabat lain juga turut mengisi perombakan posisi Dubes tersebut. Di antaranya Suprapto Martosetomo sebagai Dubes Indonesia untuk Afrika Selatan, Yuli Mumpuni sebagai Dubes Indonesia untuk Spanyol, dan Yusron Ihza Mahendra --adik dari ahli hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra-- sebagai Dubes Indonesia untuk Jepang.

Berikut nama-nama lain yang dikabarkan mengisi posisi baru Duta Besar Indonesia untuk negara Asia dan Eropa:
1. Fauzi Bowo - Dubes Jerman
2. Suprapto Martosetomo - Dubes Afsel
3. Yuli Mumpuni - Dubes Spanyol
4. Yusron Ihza - Dubes Jepang
5. Budi Bowoleksono - Dubes Amerika Serikat
6. Linggawaty Hakim -  Dubes Swiss
7. Komjen Pol (Purn) Ito Sumardi - Dubes Myanmar
8. Letjen TNI Jhony Lumintang - Dubes Philipina
9. Yuwono A Putranto - Dubes Norwegia
10. Raudin Anwar - Dubes Libya
11. Abdurrahman M Fachir - Dubes Arab Saudi
12. Jose Antonio Morato Tavares - Dubes New Zealand
13. Irmawan Emir Wisnandar - Dubes Laos
14. Sugeng Rahardjo - Dubes China
15.Burhanuddin - Dubes Sudan
16. Nurul Qomar - Dubes Brunei Darussalam;
17.Gary Rachman Makmun Jusuf - Dubes Fiji
18.Rahmat Pramono - PTRI Asean
19.Diar Nurbiantoro - Dubes Rumania
20. Mulya Wirana - Dubes Portugal
21. Pitono Purnomo - Dubes Kamboja
22. Moenir Ari Soenanda - Dubes Peru

(Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.