Sukses

Survei LKP: Mega-Jokowi Bersaing Ketat dengan Win-HT

Sebanyak 30,7% publik mengaku akan memilih pasangan Mega-Jokowi dan 30,4% akan memilih pasangan Win-HT.

Lembaga Klimatologi Politik (LKP) merilis hasil survei mereka terhadap calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Dari hasil survei tersebut, pasangan Megawati Soekarnoputri-Joko Widodo bersaing ketat dengan pasangan Wiranto-Hary Tanoesoedibjo (Win-HT). Namun demikian, hasil itu bila seandainya Pemilu dilakukan hari ini.

Menurut CEO LKP Usman Rachman, 2 pasangan itu meraih presentase pemilih yang tidak jauh berbeda. "Sebanyak 30,7% publik mengaku akan memilih pasangan Mega-Jokowi dan 30,4% akan memilih pasangan Win-HT," ujar Usman di Hotel Grand Menteng, Matraman, Jakarta Timur, Senin (2/9/2013).

Selain 2 pasangan di atas, lanjut Usman, ada pasangan Prabowo-Hatta Rajasa di posisi ketiga. Pasangan ini mendapat 19,8%.

Lalu ada pasangan Aburizal Bakrie (Ical)-Pramono Edhi Wibowo diposisi keempat dengan elektabilitas hanya 6,9%. Sedangkan yang menjawab belum punya pilihan sebanyak 12,2%.

Para responden dalam survei ini ditanya mengenai, seandainya Pilpres diikuti 4 pasangan ini, siapa yang akan dipilih. Pun juga seandainya Pilpres itu dilakukan hari ini menjadi pertanyaan dalam survei tersebut.

Namun demikian, tambah Usman, adanya pasangan-pasangan yang notabene belum dideklarasi selain Win-HT, bahwa pemasangan itu dilakukan secara hipotesis.

"Artinya, tentatif. Mungkin ke depan, berbeda-beda pasangannya," katanya.

Survei LKP ini dilaksanakan pada tanggal 12-18 Agustus 2013 di 33 Provinsi. Survei dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 450 responden melalui teknik multi-stage random sampling.

Sedangkan ambang kesalahan (margin of error) dari survei ini adalah +/- 46% dan level of confidence 95%. Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara telepon dengan responden dan berpedoman pada kuesioner. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.