Sukses

Putin Tantang Obama Buktikan Suriah Gunakan Senjata Kimia

Putin minta Obama membawa bukti tudingan ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB).

Presiden Rusia Vladimir Putin menantang Amerika Serikat untuk menghadirkan bukti tuduhan Suriah menggunakan senjata kimia dalam mengatasi kelompok pemberontak  ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB). Putin menilai tuduhan AS terhadap pemerintahan Bashar al-Ashad hanya bualan saja.

”(Tuduhan)  Itu omong kosong,” kata Putin seperti dikutip BBC, Sabtu (31/8/2013).

Pernyataan Putin itu muncul setelah inspektur PBB mengakhiri investigasi di Suriah. Tim PBB telah menyeberang ke negara tetangga Suriah, Libanon setelah 4 hari melakukan inspeksi. Termasuk, menyelidiki insiden tewasnya ratusan warga termasuk anak-anak di pinggiran kota Damaskus, 21 Agustus 2013 lalu. Mereka diduga tewas akibat serangan yang diduga menggunakan senjata kimia.

AS menuding pengguna senjata kimia tersebut digunakan Pemerintah Assad. Namun, Suriah balik menuduh AS penuh dengan kebohongan. Mereka menyebut, para pemberontaklah dalang di balik serangan itu.

Presiden AS, Barack Obama, mengatakan AS sedang mempertimbangkan serangan militer dalam menanggapi dugaan penggunaan senjata kimia oleh tentara Suriah. Obama merasa, sedang ditantang dunia untuk melakukan invasi militer terhadap Suriah. Menurut Obama dengan adanya laporan penggunaan senjata kimia di Suriah, tidak mungkin baginya untuk mundur dari rencana menyerang Suriah. Jika AS berdiam diri, sejarah akan menghakimi AS. (BBC/Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini