Sukses

Tanta Ginting: Memerankan Sosok Bersejarah Itu Menantang

Seorang aktor harus melakukan riset, tidak saja tentang pemikirannya namun juga bagaimana cara sang tokoh berjalan, berbicara.

Citizen6, Jakarta: Memerankan tokoh yang punya nama besar tentu tak bisa main-main.  Seorang aktor harus melakukan riset, tidak saja tentang pemikirannya namun juga bagaimana cara sang tokoh berjalan, berbicara maupun sedang serius.  Begitulah yang dilakukan Tanta J Ginting,  sebelum memerankan tokoh Sjahrir dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka!
 
Menurut Tanta, pemeran Ikal dalam Laskar Pelangi Musical ini tantangan memerankan Sjahrir adalah mencari kepribadian dia. Ini sulit karena sangat sedikit video tentang Sjahrir.  Karena itu ia harus mendatangi dan ngobrol dengan anaknya, ibu Upik.  Selain itu tentu saja berbicara kepada sutradaranya, Hanung Bramantyo, sosok Sjahrir seperti apa yang dia mau. “Karena pada akhirnya yang di butuhkan adalah pandangan sang sutradara,” katanya via instant messanger.

Awal keterlibatannya di film Soekarno: Indonesia Merdeka! ini karena dia memperoleh tawaran untuk mengikuti audisi. Karena personil dari dapur film sebelumnya mengetahui, Tanta pernah berakting di Gita Cinta the Musical dan Musikal Laskar Pelangi.

Memerankan Sjahrir, Tanta sangat senang. “Bukan hanya karena ini film pertama gue tapi tantangannya untuk memerankan sosok bersejarah yang sangat penting lumayan besar,” tulisnya.

Tanta yang pernah bekerja di Northrop Grumman Space Technology sebagai microelectronic technician ini mengatakan," Sjahrir orangnya keras tegas. Sangat vokal. Namun di mata sutradara sosok Sjahrir yang dia tawarkan kurang keras".
 
Menurutnya berakting di film dan di panggung teater sama sukanya. Namun keduanya mempunyai lingkungann yang sangat berbeda. “Kalau di theater jarang sekali ada nunggu-nunggu. Selalu latihan.  Kalau di film kita banyak nunggunya. Mereka persiapan set, nunggu yang lain shooting. Dan persiapannya pun sangat berbeda” tulis Tanta yang saat ini juga sibuk sebagai host di sebuah televisi.

 Di film ini laki-laki yang mempunyai akun twitter @tantaginting ini  beradu akting dengan Ario Bayu sebagai Soekarno dan Lukman Sardi sebagai Bung Hatta.  Film ini rencananya akan tayang di bioskop pada Januari 2014.  

Mulai tahun depan rencananya  ia akan lebih aktif lagi meng"hidup"kan Fourwall yang telah lama vakum. Saat ini ia mengaku sedang single. (kw)

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com
*foto diambil dari https://www.facebook.com/tanta.ginting?fref=ts

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.