Sukses

Cinta Segitiga, 2 Pria Kenya Berbagi 1 Istri

Sylvester Mwendwa dan Elijah Kimani sama-sama mencintai seorang perempuan. Sementara sang kekasih tak bisa memilih satu di antara mereka.

Sylvester Mwendwa dan Elijah Kimani sama-sama mencintai seorang perempuan. Sementara, kekasih yang tak mau disebut namanya itu tak bisa memilih salah satu di antara mereka. Hubungan segitiga itu berlangsung hingga 4 tahun lamanya.

Sekian lama berebut, Sylvester dan Elijah akhirnya bersepakat. Mereka 'menikahi' perempuan yang sama.

Keduanya membuat perjanjian setelah menyadari mereka telah berhubungan dengan perempuan yang sama di wilayah Mombasa selama lebih dari 4 tahun. Demikian dilaporkan media setempat, Daily Nation.

Juga termasuk dalam perjanjian adalah kapan giliran mereka tinggal di rumah sang 'istri'. Dan bahwa keduanya akan membantu membesarkan anak-anak yang dihasilkan pernikahan, atau dua anak yang didapatkan kekasih mereka dari pernikahan sebelumnya.

Pengacara Sylvester dan Elijah mengatakan, 'pernikahan' segitiga tersebut akan diakui secara hukum, jika mereka bisa membuktikan, poliandri -- perempuan memiliki lebih dari 1 suami -- adalah bagian dari kebudayaan wilayah asal mereka.

Di Kenya, pernikahan yang sah harus memenuhi aturan hukum negara atau aturan adat.

Rebutan

Adalah anggota polisi masyarakat Adhalah Abdulrahman yang mengusulkan Sylvester dan Elijah menikahi perempuan yang sama karena mereka kerap berseteru dan berselisih, saling berebut cinta.

"Kami sepakat mulai hari ini kami tak akan lagi saling mengancam dan cemburu gara-gara persoalan istri kami -- yang mengatakan belum siap berpisah dari salah satu dari kami," demikian isi perjanjian seperti ditayangkan stasiun televisi Kenya, NTV seperti dilansir BBC, 26 Agustus 2013.

"Masing-masing akan menghormati hari giliran. Kami sepakat untuk saling menyayangi dan hidup dengan damai. Perjanjian ini tidak di bawah paksaan siapapun."

Sylvester Mwendwa mengaku mendapatkan restu dari orang tuanya. Kini ia berencana membayar mahar pada mempelainya.

Sementara, siapa perempuan yang berbagi cinta untuk 2 suami itu belum diketahui identitasnya.  Janda dua anak itu tak mau disebut namanya.

Pengacara keluarga Kenya, Judy Thongori mengatakan, hukum di Kenya tak melarang poligami secara eksplisit.

"Hukum tidak menyinggung soal itu, namun pernikahan harus mendapat pengakuan di Kenya, oleh hukum negara atau adat. Pertanyaannya, apakah orang-orang tersebut berasal dari komunitas yang mempraktikkan poliandri.

Poligami memang kerap ditemukan di Kenya, namun berbagi istri belum pernah terdengar sebelumnya. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini