Sukses

Santapan `Wajib` Sang Presiden: Tahu, Tempe, Kerupuk

Apa santapan 'wajib' sehari-hari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta keluarga?

Apa santapan 'wajib' sehari-hari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta keluarga? Menunya sama seperti di rumah-rumah umumnya warga masyarakat.

"Semuanya sederhana saja, sama seperti adik-adik di rumah. Yang pasti ada itu tahu, tempe, dan kerupuk merah," kata SBY kepada anak-anak sekolah peserta 'Sehari Bersama Presiden' di Ruang Oval, Istana Negara, Jakarta, Jumat 23 Agustus 2013.

Seperti dilansir presidensby.go.id, menu itulah yang disantap 12 anak dari berbagai wilayah Indonesia saat santap Jumat siang bersama SBY dan Ani. Itu adalah menu yang benar-benar disantap SBY dan Ibu Ani sehari-hari.

Kalau biasanya santap siang dilakukan di ruang makan keluarga yang lebih kecil, untuk acara ini diadakan di Ruang Oval. Kali ini, Mendikbud Mohammad Nuh, Menteri Agama Suryadharma Ali, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar yang giliran menemani SBY dan Ibu Ani dalam acara ini.

"Anak-anak kita tadi sejak pukul 5 pagi sudah berolahraga. Jalan kaki 4 kali keliling istana. Ada yang push up dan shuttle run. Mereka mengikuti kegiatan saya sepanjang hari, dari jam ke jam, dan masih akan berlangsung hingga malam hari nanti," ujar SBY sambil mengenalkan anak-anak kepada menteri yang hadir.

Ani menambahkan, seperti inilah keseharian seorang Presiden dan Ibu Negara. "Selama ini adik-adik melihat dari luar, namun sekarang akhirnya melihat dari dalam. Biasanya kami tidak makan siang di sini. Seperti yang Ibu tunjukkan tadi, ruang dan meja makan kami tidak terlalu besar, karena kami pun boleh dibilang keluarga kecil," jelas Ani.

Ruang Oval tempat dilangsungkannya makan siang biasanya digunakan SBY untuk bekerja. Dengan posisi meja berbetuk huruf U dengan ukuran yang cukup panjang, melambangkan Indonesia, yaitu dari Pulau Sabang hingga Merauke.

"Selamat makan anak-anakku. Menu yang biasa bapak makan juga sama dengan anak-anakku semua di rumah," ujar SBY dengan penuh kehangatan. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini