Sukses

Soal Endriartono, Nasdem Peringatkan SBY Agar Beretika Politik

Rahmawati menambahkan seharusnya SBY meminta izin terlebih dulu kepada Ketua Umum Partai Nasdem sebelum mengikutsertakan Endriartono.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem, yang baru saja dipilih menggantikan Endriartono Sutarto, Rahmawati Soekarnoputri memperingatkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk beretika secara baik dalam komunikasi politik.

Seperti diketahui, mantan Dewan Pertimbangan Partai Nasdem yang baru saja dinonaktifkan yakni Endriartono Sutarto diundang Partai Demokrat untuk mengikuti konvensi capres Partai demokrat.

"Kepada Ketum Partai Demokrat, saya ingin memperingatkan beliau supaya beretika politiklah, beretika komunikasi politik atau beretika kepatutan," kata Rahmawati di DPP Partai Nasdem, Rabu (21/8/2013).

Rahmawati menambahkan seharusnya SBY meminta izin terlebih dulu kepada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sebelum mengikutsertakan Endriartono di konvensi partai Demokrat.

"Paling tidak untuk meminta izin kepada pimpinan kami, Pak Surya Paloh, bahwa ada kehendak beliau untuk mengikutsertakan anggotanya mengikuti konvensi. Jadi etika berpolitik itu sangat diperlukan, harus memberikan panutan dan contoh pada yang di bawah," tambah Rahmawati.

Menurut Rahmawati, sikap SBY yang telah mengikutsertakan Endriartono dalam konvensi tanpa seizin dari Surya Paloh.

"Itu masalah masing-masing ya. Tapi Presiden SBY menurut saya sudah di luar kepatutan dalam beretika politik," jelas Rahmawati. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.