Sukses

[VIDEO] Ketegangan Militer-Pendukung Morsi di Masjid Al Fath

Selama semalam suntuk, hampir seribu warga termasuk di antaranya wanita dan anak-anak terjebak di dalam Masjid Al Fath.

Ketegangan kembali menyelimuti Mesir. Militer menyerbu Masjid Al Fath di Kairo yang menjadi tempat berlindung ribuan pendukung presiden terguling Mohammed Morsi. Masjid ini juga difungsikan sebagai rumah sakit sementara.

Selama semalam suntuk, hampir seribu warga termasuk di antaranya wanita dan anak-anak terjebak di dalam Masjid Al Fath, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (18/8/2013). Militer memperbolehkan kaum wanita untuk segera meninggalkan masjid, tetapi para pria akan diidentifikasi lebih dulu.

Namun, tawaran ini ditolak oleh para demonstran. Mereka meminta pasukan pergi terlebih dahulu sebelum mereka meninggalkan masjid. Beberapa saat kemudian, para wanita digiring keluar dari masjid dengan kawalan militer.

Namun tiba-tiba, sejumlah orang melepaskan tembakan dari menara masjid. Tidak jelas siapa para penembak itu. Baik militer maupun pendemo saling tuduh terkait penyerangan ini.

Tentara yang berjaga langsung membalas serangan ini dengan tembakan. Baku tembak pun berlangsung lebih dari satu jam tanpa henti. Menurut data dari Kementerian Dalam Negeri Mesir, 1.004 pendemo telah ditahan. (Rmn/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.