Sukses

[VIDEO] Masjid Kairo Dikepung Militer Mesir

Hingga kini ratusan orang, termasuk wanita dan anak anak masih bertahan di Masjid Al-Fath.

Hari Jumat menjadi hari berdarah bagi Mesir setelah sedikitnya 100 orang meregang nyawa dalam bentrokan antara massa pro-Morsi dan militer.

Pada Sabtu dini hari tadi, ketegangan kembali menyelimuti Kota kairo. Puluhan personel militer mengepung Masjid Al-Fath, dekat Alun-alun Ramses. Ratusan orang berada di dalam masjid tersebut dan menolak untuk keluar karena alasan keamanan.

Hingga kini ratusan orang, termasuk wanita dan anak anak masih bertahan di Masjid Al-Fath. Mereka mencoba membangun pertahanan dengan menggunakan kayu di pintu masuk dan mencoba bertahan dari pasukan militer yang akan masuk ke dalam masjid.

Saksi mata mengatakan, militer sempat masuk ke dalam mesjid untuk mengancam akan membakar masjid ini bersama orang-orang yang ada di dalamnya.

Dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (17/8/2013), suara gema tembakan dari aksi personel militer Mesir juga terdengar di Jembatan Kairo. Aksi militer yang membabi buta menembak di atas jembatan layang membuat beberapa warga nekat turun dengan menggunakan seutas tali.

Beberapa orang di bawah jembatan berusaha menolong dengan membentangkan kain. Tapi tak kuasa menahan jatuhnya para korban.

Pihak Ikhwanul Muslimin mengumumkan, massanya akan terus membanjiri Mesir dalam 6e hari berturut turut. Aksi unjuk rasa tidak akan mereka hentikan dalam waktu dekat sebelum kekuasaan militer berhasil mereka gulingkan.

Jumlah korban tewas dalam konflik Mesir terus bertambah. Data terkini, seperti dimuat BBC, menyebutkan sekitar 80 orang tewas dalam bentrokan antara pengikut setia Morsi dengan aparat keamanan. Sehingga total korban tewas hingga saat ini berjumlah 718 orang. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini